Persiapan Arus Mudik, DPR Minta Pengawasan di Pelabuhan Merak Ditingkatkan

Laporan: Sinpo
Jumat, 10 Februari 2023 | 09:25 WIB
Pelabuhan Merak/ NTMC Polri
Pelabuhan Merak/ NTMC Polri

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal meminta pengawasan atas penyelenggaraan angkutan penyeberangan di Pelabuhan Merak ditingkatkan. Pengawasan itu termasuk pada kelengkapan fasilitas keselamatan, pengawasan truk ODOL (Over Dimension/Over Loading) atau bermuatan lebih, penambahan fasilitas dermaga, kesiapan operasi kapal dan manifest penumpang kapal, serta antisipasi kemacetan di kawasan pelabuhan.

"Kami juga melihat sarana dan prasarana pembangunan infrastruktur yang ada di Pelabuhan Merak ini, bahwasannya memang pelaksanaan itu kami tangkap informasi pada Liburan Natal itu berjalan lancar, tentu mengapresiasi hal tersebut. Walaupun memang ada beberapa catatan pertama antrian kendaraan yang masih panjang, kemudian ada kecelakaan kendaraan bermobil yang masuk ke laut," ucap Iqbal dikutip dari website Parlementaria.

Pengelola Pelabuhan Merak, kata Iqbal, juga harus memiliki strategi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, di antaranya terkait fasilitas prasarana dan sarana seperti perluasan akses parkir hingga penambahan armada kapal di sejumlah lintasan demi menunjang kelancaran layanan operasional. Hal ini PT ASDP Indonesia Ferry perlu berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan kementerian perhubungan.

"Sarana parkir yang di area Pelabuhan Merak itu saya kira yang harus diperlebar. Kemudian kita minta PT ASDP Indonesia Ferry itu berkoordinasi dengan kementerian PUPR agar jalan masuk ke pelabuhan tadi kita lewat jalan kecil dari itu menjadi keluhan juga bagi pengendara mobil maka kita minta agar ada koordinasi antara PT ASDP Indonesia Ferry, Kementerian Perhubungan dan kementerian PUPR," katanya.

Iqbal juga menyoroti terkait pembelian tiket kapal secara online, yang sempat menjadi salah satu alasan penumpukan kemacetan di Pelabuhan Merak saat arus mudik. Pasalnya, pemudik yang membeli tiket langsung di pelabuhan menghambat kendaraan lain di belakangnya.

"Kita berharap kedepannya agar penjualan tiket itu dilakukan secara online itu sangat bagus sekali untuk mengurangi antrian penumpang untuk membeli tiket antrian di area Pelabuhan Merak ini," kata dia.sinpo

Komentar: