Cegah Gagal Ginjal Akut, Konsumsi Obat Harus Konsultasi Apoteker atau Dokter

Laporan: Sinpo
Sabtu, 11 Februari 2023 | 04:17 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Juru bicara Kementerian Kesehatan M Syahril meminta masyarakat supaya berhati-hati mengonsumsi obat-obatan. Menurut dia, masyarakat tetap  harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker dalam mengkonsumsi obat untuk mencegah kasus gagal ginjal akut  

"Bila anak sakit jangan memberikan obat secara mandiri tanpa berkonsultasi dengan dokter," kata dia pada Jumat 10 Februari 2023.

Dia meminta masyarakat selalu membeli dan memperoleh obat di sarana resmi, yaitu apotek atau fasilitas pelayanan kesehatan.
Selain itu perlu untuk membiasakan bagi masyarakat agar selalu membaca aturan pakai obat dan mencatat penggunaan obat agar tidak terjadi pemberian obat yang melebihi dosis yang telah ditentukan.

Selain itu, kata dia, orang tua perlu waspada terhadap gejala-gejala awal yang timbul seperti keluhan buang air kecil (BAK). 

"Jika terjadi penurunan jumlah BAK atau bahkan tidak dapat BAK sama sekali, segera bawa ke rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan untuk penanganan GGAPA. Orang tua yang anaknya memiliki riwayat minun obat sirup tidak perlu khawatir selama tidak ada keluhan BAK," ujarnya


 sinpo

Komentar: