PPATK Temukan Indikasi Penggalangan Dana untuk Teroris di Cianjur

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 14 Februari 2023 | 20:32 WIB
Ilustrasi teroris/ Pixabay
Ilustrasi teroris/ Pixabay

SinPo.id - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan indikasi sumber pendanaan terorisme. Dana itu dikumpulkan melalui donasi yayasan.

"Diketahui adanya dugaan pendanaan terorisme melalui penyimpangan aktivitas pengumpulan donasi oleh yayasan yang berorientasi pada kegiatan sosial kemanusiaaan amal dan keagamaan," kata Ketua PPATK Ivan Yustiavandana dalam rapat kerja besama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 14 Februari 2023.

Ivan tidak menyebutkan yayasan yang dimaksud. Dia hanya menyebut salah satu temuan dugaan penggalangan donasi sebagai sumber pendanaan terorisme itu berada di Cianjur.

"Terkait yayasan, yang menarik, terakhir kami menemukan yang di Cianjur memang terkait kegiatan yang diduga tersangkut terorisme," kata dia.

Ivan tak memungkiri bencana alam menjadi momentum yang dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab untuk kepentingan pribadi. Salah satunya, menggalang dana untuk teroris.

"Ada dua potensi yang besar adalah digunakan untuk kepentingan dia pribadi. Banyak kita lihat, beli mobil, beli rumah, mohon maaf, dikirim ke orang-orang sekitarnya untuk memperkaya diri sendiri dari sumbangan orang, sehingga tidak dipakai untuk membangun atau membantu orang lain yang terkena bencana. Atau dalam fakta terakhir kami menemukan memang terkait dengan dugaan kegiatan terorisme. Itu kami potret juga," kata Ivan.

Di sisi lain, Ivan memaparkan sepanjang 2022, pihaknya merilis watchlist terkait pendanaan terorisme kepada penyedia jasa keuangan. "PPATK menemukan sebanyak 142 entitias dan 763 individu melalui aplikasi Sipendar," kata Ivan.

 sinpo

Komentar: