Pembangunan IKN Jadi Salah Satu Prioritas Indonesia di Tahun 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 15 Februari 2023 | 12:05 WIB
Menkeu Sri Mulyani/Bareksa
Menkeu Sri Mulyani/Bareksa

SinPo.id -  Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) menjadi salah satu prioritas Indonesia, sebagai bentuk komitmen pemerintah.

Hal itu dilakukan untuk memastikan keberhasilan pembangunan IKN melalui kombinasi pendanaan yang berasal dari publik atau APBN sebanyak 20 persen, dan sisanya diharapkan berasal dari kerja sama pemerintah dengan sektor swasta.

"Untuk itu, pemerintah juga berusaha menciptakan lingkungan investasi yang mendukung untuk menarik minat para investor," kata Menkeu, di sela-sela kunjungannya ke Tokyo, dikutip Rabu 15 Februari 2023.

Ia mengatakan, untuk menarik minat investor, pemerintah akan memberikan insentif perpajakan, jaminan kepastian dan keamanan, penyederhanaan proses pengadaan, hingga memperkenalkan solusi pembiayaan yang inovatif.

Selain IKN, tahun 2023 Indonesia juga fokus mengemban keketuaan pada forum ASEAN, sebagai upaya memperkuat kerja sama kawasan regional ASEAN dalam mengatasi tantangan yang mencakup regional dan global ditengah kondisi recovery dunia pascapandemi.

Selain itu, kata Menkeu, pada jalur keuangan sendiri, Indonesia mengusung tiga inisiatif, yaitu terkait recovery-rebuilding, digital economy, dan sustainability.

"Dengan inisiatif ini, Indonesia turut mendorong transisi dari sektor keuangan untuk mendukung keberlanjutan dari implementasi ekonomi hijau," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: