Deputi Gubernur BI Terpilih Dinilai Mumpuni Akselerasikan Pertumbuhan Ekonomi

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 15 Februari 2023 | 20:10 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Komarudin/ Parlementaria
Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Komarudin/ Parlementaria

SinPo.id - Terpilihnya Filianingsih Hendarta secara sah menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) diharapkan dapat memperkuat peran BI dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan digital.

Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Komarudin, menilai sosok Filianingsih memiliki kapasitas yang mumpuni untuk menjalankan perannya, karena telah lama berkecimpung dalam digitalisasi sistem pembayaran.

"Ke depan, tantangannya akan semakim kompleks, seperti pengembangan rupiah digital. Sehingga, kami butuh figur yang bisa membawa inovasi dan terobosan bagi BI, untuk menjadi bank sentral digital yang terdepan," kata Puteri, Rabu, 15 Februari 2023.

Menurutnya, pemerintah memiliki tugas untuk memperbaiki tingkat literasi digital yang saat ini masih rendah di skala 3,54 dari 5. Hal itu juga sejalan dengan indeks literasi keuangan digital yang masih sangat rendah yang hanya 35,5 persen.

"Hal ini tidak terlepas dari literasi keuangan kita yang juga masih rendah di level 49 persen, dan inklusi keuangan yang masih 85 persen. Sehingga dapat menghambat upaya untuk menggali potensi ekonomi digital yang sangat besar," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Puteri, BI bersama otoritas lainnya perlu semakin meningkatkan edukasi keuangan digital kepada masyarakat. Karena lemahnya literasi digital dapat memicu timbulnya korban dari produk keuangan ilegal.sinpo

Komentar: