BPBD DKI Peringatkan Gelombang Tinggi di Pesisir Utara Jakarta, Berpotensi Banjir Rob

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 15 Februari 2023 | 20:56 WIB
Ilustrasi banjir rob/ Pixabay
Ilustrasi banjir rob/ Pixabay

SinPo.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah pesisir Utara Jakarta yang bepotensi banjir rob pada periode 16-19 Februari 2023.

Kepala BPBD DKI Isnawa Adji menyebut terjadinya gelombang tinggi ini adalah dampak dari fenomena super new moon atau fase bulan baru, bersamaan dengan Perigee, yakni jarak terdekat bulan ke bumi pada tanggal 20 Februari 2023.

"Berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," kata Isnawa melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 15 Februari 2023.

Isnawa memaparkan, gelombang tinggi yang berpotensi menyebabkan banjir rob diperkirakan terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, salah satunya pesisir utara Jakarta.

Potensi ini mengacu pada pantauan data water level dan prediksi pasang surut. "Banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di wilayah pesisir utara DKI Jakarta," ujarnya.

Karenanya, BPBD DKI mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut.

Isnawa menambahkan, masyarakat bisa memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut di laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," tandasnya.

 sinpo

Komentar: