Jose Rizal Manua: Teater Membentuk Pribadi Lebih Berkarakter

Laporan: Sinpo
Sabtu, 18 Februari 2023 | 05:54 WIB
Teater (beritajakarta)
Teater (beritajakarta)

SinPo.id -  Pendiri Teater Tanah Air, Jose Rizal Manua mengatakan Teater dapat membentuk pribadi lebih berkarakter. Hal ini karena sudah bisa mengidentifikasi diri terhadap karakter atau tokoh yang diperankan.

"Mereka secara bebas dapat meluapkan ekpresinya melalui teater," ujarnya di laman beritajakarta pada Jumat 17 Februari 2023.

Menurut dia, seni teater merupakan salah satu kesenian yang menampilkan keindahan di luar pelajaran formal di sekolah. 

"Saya harap teater selalu tetap tumbuh di sekolah-sekolah. Sehingga apa yang tidak ada di pendidikan formal bisa didapat melalui teater," ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menggelar pelatihan seni teater bagi pelajar di Pusat Pelatihan Seni Budaya Muhammad Mashabi, Jalan  KH Mas Mansyur, Tanah Abang pada 6-17 Februari 2023.

Acara ini diikuti delapan SMA sederajat di wilayah ini. Mereka mampu menampilkan pertunjukan yang luar biasa

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin mengaku bangga dengan bakat-bakat terpendam para siswa dalam pertunjukan kesenian teater ini.

"Mereka mampu menampilkan pertunjukan yang luar biasa. Saya sangat bangga," ujarnya.

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Pusat, Moh Nurdin mengatakan setelah pelatihan ini, maka para siswa akan menampilkan pertunjukan seni teater dalam Festival Teater Pelajar 2023 pada Mei 2023 mendatang.

Muhammad Rado, siswa SMAN 30 mengaku senang mendapatkan kesempatan mengenal dan berlatih teater. Selain mendapatkan teman baru, dirinya juga memiliki pengalaman dan pengetahuan baru. 

"Saya pikir hanya workshop. Ternyata kami disuruh menghafal naskah lalu mendalami tokoh dengan menampilkan ekspresi sedih, ketawa, menangis dan lainnya. Saya jadi semakin tertarik," tandasnya.





sinpo

Komentar: