Ubah Rute Penerbangan Tanpa Pemberitahuan, Polri Pastikan Dosen UII Tidak Hilang

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 20 Februari 2023 | 13:35 WIB
Dosen UII Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama
Dosen UII Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama

SinPo.id - Polri menyatakan bahwa Dosen UII Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama tidak menghilang lantaran sengaja mengubah rute penerbangan dari Oslo, Norwegia.

Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti menyebut bahwa yang bersangkutan mengubah rute penerbangan tanpa memberi tahu siapa pun.

"Yang bersangkutan (Dosen UII) tidak hilang. Namun belum diketahui apa motifnya mengubah rute pulang ke Indonesia menjadi negara lain," ujar Krishna saat dikonfirmasi, Senin, 20 Februari 2023.

Seperti diketahui, Dosen UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama, dilaporkan hilang. Munasir menghilang setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Oslo, Norwegia.

Melalui keterangan tertulis, Rektor UII Fathul Wahid mengatakan Munasir terdeteksi masuk ke Boston, Amerika Serikat (AS).

"Berdasarkan informasi yang diterima oleh keluarga melalui UII dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), AMRP terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023. Temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP)," kata Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangan tertulis, Minggu 19 Februari 2023.

Meski terdeteksi masuk ke Boston, AS, keberadaan pasti Ahmad Munasir Rafie Pratama di Boston tidak diketahui secara pasti. Sampai saat ini Rafie juga belum bisa dihubungi.

Begitu juga, UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa Rafie menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia. Sampai saat ini, Rafie belum bisa dihubungi," jelasnya.sinpo

Komentar: