Evakuasi Kapolda Jambi, Kapolri Sebut akan Ada Modifikasi Cuaca

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 21 Februari 2023 | 17:10 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo/ SinPo.id/ Ashar SR
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Polri bersama tim gabungan menyatakan masih berupaya mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongannya. 

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyebut bahwa pihaknya dalam mengevakuasi Kapolda Jambi beserta rombongannya, akan mencoba melakukan upaya memodifikasi cuaca. 

Hal itu, kata Sigit, lantaran evakuasi ini masih terkendala oleh cuaca yang kurang baik dengan kabut yang pekat di sekitar lokasi kejadian.

"Sampai dengan hari ini SAR udara masih kesulitan sehingga kami sedang berupaya bagaimana melakukan modifikasi cuaca," kata Sigit di Mabes Polri, Selasa, 21 Febuari 2023.

Menurut Sigit, upaya melalui modifikasi cuaca ini agar menghilangkan kabut yang pekat, sehingga jarak pandang tim SAR udara sangat jelas dalam mengevakuasi para korban.

"Sehingga pandangan terhadap lokasi TKP ini betul-betul bisa terlihat jelas. Kemudian evakuasi melalui udara bisa dilaksanakan dengan baik," ujar Sigit menjelaskan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 yang membawa Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci. Kapolda Jambi beserta rombongan untuk kunjungan kerja ke Polresit Kerinci untuk meresmikan gedung SPKT.

"Iya benar mendarat darurat di Muara Emat," kata Kabid Humas Polda Jambi Mulia Prianto di Jambi, Minggu, 19 Februari 2023.

Menurut Mulia, terdapat sejumlah penumpang helikopter yang mendampingi Kapolda Jambi, yakni Dirreskrimum Polda Jambi, Dirpolairud Polda Jambi, Koorspri, dan ADC.

Mulia memastikan seluruh penumpang dalam keadaan selamat. “Saat ini Tim SAR Polres Kerinci bersama helikopter dari Tim SAR sudah menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para penumpang,” kata Mulia menambahkan.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi ini lepas landas dari Bandara Sultan Thaha Jambi sekitar pukul 09.00 WIBsinpo

Komentar: