Survei GRC: Dikenal Tegas, Prabowo Tepat Jadi Presiden 2024

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 21 Februari 2023 | 22:50 WIB
Kebersamaan Prabowo dan Presiden Joko Widodo/Tim Media
Kebersamaan Prabowo dan Presiden Joko Widodo/Tim Media

SinPo.id -  Pemilihan Presiden akan berlangsung pada April 2024, sejumlah partai politik terus berlomba mencari sosok yang tepat sebagai calon presiden 2024.

Direktur Eksekutif GRC, Alfian Septiansyah mengatakan, jajak pendapat ini mengukur preferensi politik masyarakat jelang pemilu 2024.

"Dalam hasil temuan preferensi 2200 responden dalam memilih presiden jika pilpres digelar dimana preferensi publik dalam memilih tokoh-tokoh jika pilpres digelar hari ini maka Keterpilihan Prabowo Subianto paling tertinggi yaitu 30,2 persen," kata Alfian dalam rilisnya, Selasa, 21 Februari 2023.

Nama Prabowo disusul oleh Ganjar Pranowo 15,1 persen, Airlangga Hartarto 14,2 persen, Anies Baswedan 6,1 persen, Puan Maharani 5,1 persen.

Kemudian, Andika Perkasa 4,2 persen,Agus Harimurti Yudhoyono 3,1 persen,Sandiaga Uno 2,1 persen, Muhaimin Iskandar 1,2 persen.

Adapun tokoh lainnya jika digabung tingkat keterpilihannya 4,9 persen.dan tidak memilih sebanyak 13,8 persen.

Dijelaslkan Alfiam, Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling memiliki tingkat keterpilihan paling tinggi, karena penilaian publik Menteri Pertahanan era Jokowi ini merupakan tokoh yang paling bisa meneruskan program besar dari presiden Jokowi.

"Hal lain Prabowo Subianto dianggap oleh masyarakat sebagai tokoh yang punya komitment tinggi terhadap nilai nilai persatuan Indonesia dan komitmen dalam membantu pemerintahan Jokowi walaupun sebelum merupakan rival tunggal Jokowi," jelas Alfian.

"Tingginya elektabilitas Prabowo Subianto dalam survei ini juga didapati bahwa hampir 30,1 persen simpatisan Jokowi menginginkan Prabowo Subianto bisa melanjutkan pemerintahan Jokowi karena dianggap Prabowo lah yang paling siap dengan kendaraan politik nya untuk maju di pilpres 2024," sambung Alfian.

Pengamat politik Universitas Esa Unggul, Syurya Muhammad Nur menilai hal yang wajar jika Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto paling unggul sebagai calon presiden (capres) 2024.

Syurya mengatakan, naiknya elektabilitas Prabowo Subianto karena adanya dukungan dari berbagai kalangan masyarakat, ditambah adanya dukungan relawan Jokowi Mania (Joman)

"Ya karena ada dukungan dari berbagai kalangan masyarakat dan relawan Joman membuat elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres 2024," kata Syurya kepada awak media, Selasa, 22 Februari 2023.

Menurut dia, Prabowo telah memiliki banyak pengalaman, khususnya dalam segi keamanan negara. Apalagi saat ini dia menjabat sebagai Menteri Pertahanan Negara (Menhan).

Survei GRC membuktikan bahwa masyarakat merindukan sosok pengganti Soeharto yang tegas dan dari militer. Maka Prabowo dinilai tepat sebagai presiden 2024 karena dianggap tegas.

"Ya Prabowo sosok yang tepat gantikan Jokowi pada 2024," ungkapnya.sinpo

Komentar: