Kesehatan Anak

Tiga Anak di Cempaka Putih Menderita Stunting

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 22 Februari 2023 | 14:30 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/pixabay.com)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menemukan tiga anak menderita stunting saat meninjau pemeriksaan kesehatan bulanan di Posyandu Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Kunjungan tersebut dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono bersama-sama dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

"Dari 15 anak yang baru cek kesehatannya di sini, ternyata tiga (anak) sudah masuk stunting dan ini kita harus cepat bergerak," kata Heru di Posyandu Balita Cempaka 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu 22 Februari 2023.

Dengan adanya penemuan tersebut, Heru mengimbau kepada setiap orang tua yang memiliki bayi agar secara rutin mengontrol kesehatan terhadap anaknya ke pusat-pusat kesehatan yang telah tersedia.

Hal itu, lanjut Heru, agar pemprov DKI dapat langsung melakukan penanganan terhadap anak yang terindikasi terkena stunting.

"Dan kami imbau kepada ibu-ibu atau ayah nya yang memiliki anak bayi, kalau tidak disiplin mengontrol kesehatan, kan kita susah juga," ujar Heru.

"Jadi disiplin mengontrol ke Pusyando, bisa ke Puskesmas, supaya pemerintah pusat maupun Pemda DKI bisa langsung intervensi," tambahnya.

Selain itu, Heru juga menghimbau kepada orang tua agar memiliki pengetahuan dasar agar dapat meningkatkan gizi anak, sehingga terhindar dari stunting.

"Berikutnya, ibunya juga harus punya pengetahuan untuk bagaimana caranya meningkatkan gizi, tadi sudah dikasih tahu ada telor, daging, ikan, harus disuplai," ucap Heru.

Heru menyebut penekanan angka stunting dapat terkendali jika masyarakat atau para orang tua mau ikut terlibat aktif memantau kondisi anaknya, bersama-sama dengan pemerintah.

"Support dari seluruh lapisan masyarakat sangat perlu, bukan hanya Pemda DKI dan Kemenkes, tapi individu-individu yang memiliki bayi juga harus disiplin," tandasnya.sinpo

Komentar: