Maksimalkan Peluang EFTA, BKSAP Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Swiss

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 22 Februari 2023 | 19:55 WIB
Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana/ Parlementaria
Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana/ Parlementaria

SinPo.id - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana, mendorong peningkatan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Swiss dengan adanya Indonesian-European Free Trade Agreement (EFTA).

Menurutnya, ratifikasi kerja sama tersebut dapat menjadi menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama bilateral Indonesia dengan Swiss, khususnya pasca pandemi Covid-19.

"Kita mengetahui bahwa Free Trade Agreement (FTA)  antara negara EFTA, salah satunya Swiss dan Indonesia sudah diratifikasi beberapa tahun lalu. Nah tentu ini adalah sebuah momentum bagi Indonesia dan kami dari Parlemen untuk mendorong kerjasama ekonomi," kata Putu, Rabu 22 Februari 2023.

Selain itu, ia mengatakan EFTA menjadi peluang bagi Indonesia untuk bisa mengekspor produk komoditas Indonesia ke kawasan Uni Eropa mengingat Uni Eropa memiliki pasar yang besar sehingga dapat mendorong perekonomian Indonesia.

"Sebenarnya Indonesia sudah mencetak surplus dalam perdagangan ekspor ke negara EFTA tetapi sempat menurun ketika Pandemi Covid-19," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Putu, dalam momentum ini Indonesia akan terus mendorong kerja sama ekonomi agar dapat meningkatkan ekspor dari produk-produk dan berbagai potensi yang dimiliki Indonesia.sinpo

Komentar: