Indonesia Terus Dorong Peningkatan Ekosistem Investasi dan Kegiatan Usaha dengan Inggris

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 22 Februari 2023 | 20:34 WIB
Peringatan tiga tahun kerja sama reformasi regulasi Indonesia-Inggris/ Dok. Kemenko Perekonomian
Peringatan tiga tahun kerja sama reformasi regulasi Indonesia-Inggris/ Dok. Kemenko Perekonomian

SinPo.id - Dalam rangka memperingati tiga tahun kerja sama reformasi regulasi antara Indonesia dan Inggris, pemerintah terus mendorong peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan usaha.

Menurut Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, reformasi regulasi peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan usaha, bekerja sama dengan Pemerintah Inggris sejak tahun 2019 dalam menyukseskan reformasi perizinan berusaha.

Pasalnya, implementasi kebijakan perizinan usaha berbasis risiko, persyaratan dasar dan persyaratan investasi masih menghadapi berbagai kendala dan tantangan, baik dalam hal sinkronisasi regulasi perizinan usaha, juga penyempurnaan sistem Online Single Submission (OSS).

"Terdapat pula permasalahan dalam pelaksanaan pemeriksaan berbasis risiko, peningkatan kapasitas aparatur pemerintah, dan peningkatan pemahaman publik yang memadai atas kebijakan Berbasis Risiko,” kata Susiwijono, dikutip Rabu 22 Februari 2023.

Ia mengatakan, Kerjasama antara Kemenko Perekonomian dan Pemerintah Inggris memiliki peran yang sangat penting dalam menyukseskan reformasi regulasi, khususnya terkait dengan upaya untuk meningkatkan ekosistem investasi dan kemudahan berusaha di Indonesia.

"Serta berharap kerjasama yang baik dapat terus dikembangkan untuk lebih mendorong kemudahan berusaha dan iklim investasi yang baik di Indonesia," katanya menambahkan.

Seperti diketahui, regulasi sangat penting untuk meningkatkan fungsi ekonomi. Karena semua negara memerlukan lingkungan regulasi yang dapat diprediksi dan diterapkan secara konsisten sehingga bisnis memiliki keyakinan untuk berhasil.

Selain itu, kata Susiwijono, proyek reformasi regulasi Inggris-Indonesia teraebut juga bertujuan untuk membantu orang dan pelaku usaha dalam mencapai hasil yang lebih baik bagi diri mereka sendiri.

 sinpo

Komentar: