TNI Tempuh Upaya Persuasif Bebaskan Pilot Susi Air

Laporan: Sinpo
Kamis, 23 Februari 2023 | 02:59 WIB
Ilustrasi KKB Papua/Net
Ilustrasi KKB Papua/Net

SinPo.id -  TNI melakukan upaya persuasif membebaskan pilot Susi Air, Philips Mark Methrtens (37) yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Upaya penyelamatan mengedepankan peran pemerintah daerah setempat, tokoh adat, dan tokoh masyarakat. 

"TNI masih berupaya bersama dengan Polri. Ini adalah penegakan hukum, tidak langsung operasi militer. Hal ini tentunya tetap mengedepankan penegakan hukum. Karena ini orang asing yang disandera KKB, tetap diupayakan dengan cara-cara persuasif," kata 
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada Rabu 22 Februari 2023

Menurut dia, upaya negosiasi dengan KKB terus berjalan dan tetap memberikan pengamanan kepada masyarakat di daerah tempat penyanderaan.

"Kita harus melaksanakan dengan negosiasi. TNI utamakan tokoh-tokoh daerah dan tokoh masyarakat. TNI tidak bisa selesaikan masalah ini dengan cara militer karena ini dalam situasi damai, dan di Papua ini ada masyarakatnya juga. Jangan sampai masyarakat ini terdampak," ujarnya.

Yudo juga memastikan pihaknya tidak akan menambah pasukan untuk melakukan penindakan terhadap KKB pimpinan Egianus Kogoya yang menyandera Kapten Philip Mark Merthens.

"TNI tidak mengerahkan pasukan. Itu kemarin pergantian pasukan yang sudah ada di sana yang memang ditugaskan di sana," tukasnya.sinpo

Komentar: