Dubes Ukraina Berharap Perang dengan Rusia Bakal Selesai dalam Beberapa Bulan

Laporan: Sinpo
Kamis, 23 Februari 2023 | 23:16 WIB
Perang Rusia vs Ukraina/ AP Photo
Perang Rusia vs Ukraina/ AP Photo

SinPo.id - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin berharap perang yang dipicu invasi Rusia ke negaranya akan berakhir dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini disampaikan Vasyl menanggapi pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang menyebut Ukraina akan kalah.

"Lihat saja ke depannya akan seperti apa. Saya tidak tahu kapan ini akan berakhir, tetapi mungkin dalam beberapa bulan. Ini harapan saya," kata Vasyl dikutip dari Antara, Kamis, 23 Februari 2023.

Menurut Vasyl, apa yang dikatakan Putin adalah kebohongan. Karena sebagai politikus Putin dinilai hanya ingin menunjukkan kekuatannya di mata dunia.

“Tetapi dunia melihat apa yang terjadi, dan Ukraina masih bertahan. Kami tidak pernah memulai perang,” katanya

Dalam perjuangan mempertahankan wilayah dan kedaulatannya dari serangan Rusia, Ukraina berterima kasih atas bantuan militer dari sekutunya, seperti AS, Inggris, dan Maroko. Negara itu dinilai telah memperkuat pertahanan udara, salah satunya melalui sistem pelindung yang andal.

“(Dengan sistem tersebut), setiap saat, setiap menit, kami bisa memperkirakan kapan rudal atau drone menyerang,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan bahwa perang yang telah berlangsung hampir setahun itu telah menyebabkan 14 juta warga Ukraina harus mengungsi, ribuan orang terbunuh. Selain itu, banyak infrastruktur publik maupun tempat tinggal hancur.

"Perang telah memukul ekonomi Ukraina, katanya, karena Mariupol, pelabuhan utama tempat kapal-kapal mengangkut biji-bijian, juga hancur karena serangan. Perang yang berkelanjutan juga memicu krisis pangan dan energi global," ucapnya.sinpo

Komentar: