Korea Utara Uji Coba Tembak 4 Rudal Jelajah Selama Latihan

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 24 Februari 2023 | 14:40 WIB
Rudal jelajah/KCNA
Rudal jelajah/KCNA

SinPo.id -  Korea Utara uji coba menembakkan empat rudal jelajah strategis selama latihan yang dirancang untuk menunjukkan kemampuannya melakukan serangan balik nuklir terhadap pasukan musuh.

Menurut kantor berita negara KCNA, empat rudal Hwasal-2 ditembakkan oleh Tentara Rakyat Korea di daerah Kota Kim Chaek, Provinsi Hamgyong Utara, menuju laut lepas pantai timur Korea.

Menurut laporan, empat rudal jelajah strategis telah mencapai target yang ditetapkan setelah menempuh orbit penerbangan berbentuk elips sepanjang 2.000 km atau setara dengan 1.243 mil selama 10.208 detik hingga 10.224 detik.

"Latihan itu menunjukkan postur perang pasukan tempur nuklir DPRK yang memperkuat kemampuan serangan balik nuklirnya yang mematikan dalam segala hal terhadap pasukan musuh," kata laporan KCNA, dilansir dari Reuters, Jumat 24 Februari 2023.

Menanggapi uji coba rudal tersebut, Kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan peluncuran yang dipantau itu memiliki perbedaan hasil deteksi antara Korea Selatan, Amerika Serikat dan pernyataan Korea Utara.

Di samping itu, Korea Utara juga menuduh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) karena dianggap tidak adil dalam kegiatan militernya dan bungkam tentang latihan militer gabungan AS dan Korea Selatan.

Direktur Jenderal Kementerian untuk urusan AS, Kwon Jong Gun, menegaskan bahwa Korea Utara akan mempertimbangkan tindakan balasan yang kuat jika PBB terus berfungsi sebagai alat AS untuk menekan Pyongyang.

"Jika Dewan Keamanan menjadi tempat yang menilai keadilan atas ketidakadilan dan legal atas ilegal, di bawah pengaruh Amerika Serikat dan para pengikutnya, itu hanya akan menimbulkan hasil negatif yang semakin memperburuk ketegangan militer," kata Kwon dalam pernyataan yang disiarkan oleh KCNA. sinpo

Komentar: