Pabrik Balon China Bantah Punya Kaitan dengan Objek yang Ditembak Jatuh di AS

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 25 Februari 2023 | 15:57 WIB
Balon cuaca yang ditembak di AS/Reuters
Balon cuaca yang ditembak di AS/Reuters

SinPo.id -  Zhuzhou Rubber Reseacrh & Design Istitute selaku pabrik balon cuaca asal China membantah tuduhan soal keterkaitan mereka dengan objek yang ditembak jatuh oleh Amerika Serikat beberapa waktu lalu dan mereka juga bukan perusahaan militer.

Zhuzhou Rubber, sebuah unit perusahaan kimia raksasa milik negara ChemChina menyatakan bahwa produk mereka berasal dari bahan lateks alami yang sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Produk kami digunakan oleh stasiun pemantau cuaca sehari-hari dan TIDAK ada hubungannya dengan apa yang disebut pihak AS sebagai insiden balon," demikian pernyataan di situs milik ChemChina yang dikutip pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Sebuah balon yang dicurigai sebagai balon mata-mata China, yang telah dibantah oleh pihak China, melayang di atas wilayah udara AS dan Kanada selama satu minggu sebelum ditembak di atas Pantai Atlantik atas perintah Presiden Joe Biden.

China menganggap sikap AS dalam menangani insiden balon tersebut sebagai "sikap histeris" dan "konyol" serta melanggar norma internasional.

Produksi balon pemantau cuaca di China didominasi oleh Zhuzhou Rubber, yang menghasilkan 75 persen balon di ketinggian yang digunakan oleh Badan Meteorologi China.
sinpo

Komentar: