Puan: Ajang F1 Powerboat Harus Membawa Dampak Positif bagi Masyarakat Sekitar Danau Toba

Laporan: Sinpo
Minggu, 26 Februari 2023 | 02:15 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menyebutkan pihaknya menyambut baik gelaran F1 Powerboat World Championship 2023 yang diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Menurutnya, hal ini membuktikan kepercayaan dan pengakuan masyarakat internasional atas kemampuan Indonesia menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga bertaraf internasional.

“DPR RI menyambut baik mulai semaraknya kembali berbagai ajang internasional yang diadakan di Indonesia. Penyelenggaraan F1 Powerboat ini menunjukkan kepercayaan dan pengakuan masyarakat internasional atas kemampuan Indonesia menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga bertaraf internasional,” tutur Puan dikutip dari Parlementaria, Sabtu, 25 Februari 2023. 

Puan mengatakan, perhelatan F1 Powerboat akan semakin memperkenalkan pariwisata Danau Toba di kancah internasional secara berkelanjutan, mengingat acara ini disiarkan secara live dengan target penonton mencapai 140 juta penonton dari seluruh dunia.

“Ajang kejuaraan dunia olahraga air F1 Powerboat 2023 juga harus membawa berkah bagi masyarakat di sekitar Danau Toba. Dengan begitu, perekonomian daerah dapat ikut terdampak positif,” katanya.

Lebih lanjut, dalam jumpa persnya, Puan pun mengingatkan agar Pemerintah terus berupaya melibatkan berbagai UMKM di setiap event internasional. Puan menilai, pelibatan UMKM dapat memperkenalkan produk lokal nusantara kepada tamu-tamu acara yang datang dari berbagai penjuru dunia.

“Kita tunjukkan keragaman produk lokal kita. Sehingga bisa merambah ke pasar global,” ucap politisi PDIP ini.

Puan meyakini, pariwisata Indonesia akan berdampak positif dengan adanya pesta olahraga dunia. Apalagi dalam dua tahun ini, Indonesia telah menjadi tuan rumah sejumlah ajang kejuaraan olahraga internasional seperti balap MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika, serta World Motocross di Sirkuit Rocket Motor Samota.

“Tentunya akan mempercepat pulihnya sektor pariwisata Indonesia yang berdampak besar dalam beberapa tahun belakangan akibat pandemi Covid-19,” sebutnya.

Penyelenggaraan event internasional seperti F1 Powerboat Danau Toba pun menurutnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerintah sendiri memperkirakan kejuaraan ini dapat menarik sebanyak 25.000 wisatawan mulai dari atlet, kru, hingga pengunjung

F1 Powerboat World Championship 2023 yang digelar pada 25-26 Februari tersebut diketahui telah membuat keterisian penginapan di Balige fully booked, mulai dari hotel berbintang hingga homestay. Sebagian masyarakat ada juga yang menyaksikan kejuaraan jet cepat itu dengan menyewa lahan penduduk untuk berkemah di sekitar Danau Toba.sinpo

Komentar: