Soal Vonis Mati Ferdy Sambo, Jaksa Agung: Gunakan Hati Nurani, Jaksa Bukan Cerobong UU

Laporan: Sinpo
Minggu, 26 Februari 2023 | 22:05 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin/Net
Jaksa Agung ST Burhanuddin/Net

SinPo.id -  Jaksa Agung ST Burhanuddin
mengimbau para jaksa menggunakan hati nurani di setiap pengambilan keputusan dalam proses penegakan hukum. Pernyataan itu disampaikan saat
memberikan pandangan mengenai keadilan dan vonis hukuman mati yang telah dijatuhkan untuk Ferdy Sambo terkait pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

"Hati nurani tidak ada dalam buku. Gunakan kepekaan sosial saudara-saudara," kata dia, dalam keterangan Kapuspenkum Kejagung, Minggu 26 Februari 2023.

Menurut dia, seorang jaksa harus mampu menggali nilai-nilai hukum dalam masyarakat, sehingga penegakan hukum mampu beradaptasi dengan kebutuhan hukum masyarakat.

"Sebab, jaksa bukan cerobong undang-undang yang bersifat kaku, baku, dan membeku," tuturnya.

Dalam kasus Sambo, lanjut dia, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyoroti soal sikap banding tidaknya jaksa dengan mempertimbangkan keadilan yang berkembang di masyarakat selama ini. Menurut Burhanuddin sendiri, perkara Sambo sangat disorot.

"Tidak sedikit masyarakat menyampaikan ekspresinya seperti kecewa, puas, atau hanya sekedar menjadi pengikut, dan juga tidak sedikit di antara mereka membentuk fanbase. Fenomena itu merupakan representasi dari keadilan masyarakat yang sesaat dan tentu perlu dikaji seberapa jauh dan banyak suara tersebut menjadi representasi keadilan substantif, terkadang tidak mewakili kata hati seluruhnya," imbuhnya.

Menurut Burhanuddin, jaksa pada akhirnya sebagai dominus litis suatu perkara harus mampu membawa arah penegakan hukum khususnya tindak pidana mulai dari hulu sampai hilir. Selain itu, kata dia, jaksa harus mengakomodasi kepentingan masyarakat dan arah penegakan hukum sebagai solusi berbagai persoalan hukum di masyarakat.

"Sehingga jaksa yang modern di masa yang akan datang bukan saja sebagai jaksa humanis dari segi penegakan hukum, tetapi dapat menjadi bagian dari jawaban/solusi persoalan-persoalan hukum di masyarakat," tukasnya.sinpo

Komentar: