DKI Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Hingga Akhir Februari 2023

Laporan: Sinpo
Senin, 27 Februari 2023 | 06:27 WIB
Ilustrasi hujan di DKI Jakarta (Ashar/SinPo.id)
Ilustrasi hujan di DKI Jakarta (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Wilayah DKI Jakarta, Tangerang hingga Depok berpotensi hujan dengan intensitas lebat hingga 28 Februari 2023. Potensi hujan lebat ini diungkap oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto. 

"Kejadian hujan signifikan umumnya dapat terjadi pada waktu dini hari menjelang pagi dan siang menjelang sore hari," tuturnya dalam keterangannya pada Minggu 26 Februari 2023. 

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah potensi siaga potensi dampak hujan lebat periode tanggal 24-26 Februari 2023 perlu diwaspadai di sebagian wilayah:

Yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kota Tangerang, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara

Potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Jabodetabek memungkinkan potensi timbulnya genangan air.

Perkembangan dinamika atmosfer saat ini menunjukkan potensi aktivitas gelombang atmosfer dan MJO (Madden Jullian Oscillation), yang tidak signifikan pengaruhnya untuk wilayah Jabodetabek.

"Namun Monsun Asia menunjukkan aktifitas signifikan dengan merujuk indeks surge dan indeks CENS (cross equatorial northerly surge) atau arus lintas ekuatorial yang saat ini cukup signifikan dan berpotensi masih signifikan hingga sepekan ke depan," kata Guswanto.

Adanya seruakan dingin dari Asia yang disertai CENS ini dapat berdampak secara tidak langsung pada peningkatan curah hujan di sekitar wilayah Indonesia terutama di wilayah Indonesia bagian Barat, termasuk Jabodetabek.

"Selain itu, adanya sirkulasi di sebelah barat daya Lampung, juga mendukung terbentuknya pertemuan massa udara/konvergensi di sepanjang pesisir barat Sumatera dan Pulau Jawa, sehingga berpengaruh pula terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Jabodetabek," jelasnya.

Guswanto menyebut pada periode 24 hingga 28 Februari 2023, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat cukup merata di sebagian besar wilayah Jabodetabek. Dia menyebut kondisi hujan dengan intensitas lebat terkonsentrasi di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Tangerang dan Depok, terutama pada akhir pekan ini.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) (pada tanggal 24 26 Februari 2023) berpotensi terjadi di beberapa wilayah Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, dan Pesisir Jawa Barat," ujar Guswanto.


 sinpo

Komentar: