Megawati Bakal Dialog dengan Jokowi Sebelum Umumkan Capres 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 27 Februari 2023 | 13:53 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah), Foto Hasto Kristiyanto/SinPo.id
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah), Foto Hasto Kristiyanto/SinPo.id

SinPo.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bakal berdialog dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih dahulu sebelum memutuskan sosok calon presiden (capres) yang bakal diusung untuk Pilpres 2024.

Dialog itu dinilai perlu agar sosok yang dipilih bisa meneruskan program Jokowi. Khususnya, dalam pembangunan Indonesia ke depan.

"Ibu Mega berdialog dengan Pak Jokowi untuk melihat bagaimana problematika bangsa, bagaimana kepemimpinan ke depan, bagaimana tanggung jawabnya. Setelah semuanya dipersiapkan, pada momentum yang tepat, Ibu Megawati akan mengumumkan. Jadi mohon bersabar,” kata Hasto kepada wartawan, Jakarta, Senin, 27 Februari 2023.

Megawati juga akan melakukan kontemplasi sebelum memutuskan sosok capres. Menurut Hasto, ini harus dilakukan Megawati untuk menghasilkan pemimpin yang bertanggung jawab.

“Yang kita cari adalah pemimpin yang digembleng lahir dan batin, yang rekam jejaknya baik, dan itu lahir dari PDI Perjuangan,” tegas Hasto.

Hasto memastikan PDIP akan mendorong kader partainya untuk mencalonkan diri sebagai capres pada Pemilu 2024. Sebab, kehadiran partai politik penting untuk menciptakan pemimpin bangsa.

"Karena tujuan kita berpartai untuk mendorong kader-kader partai ditempatkan pada jabatan penting dan strategis, setelah dipersiapkan dengan sekolah partai dan penugasan kader kader partai,” tegas Hasto.

Meski demikian, Hasto tak mempermasalahkan terdapat sejumlah partai politik yang mendeklarasikan tokoh di luar partai untuk maju dalam Pilpres 2024.

"Kalau PDI Perjuangan, calonnya dari internal, kalau ada partai lain yang sudah mencalonkan, maka kita ada perbedaan, dan erbedaan itu hal yang biasa dalam demokrasi. Bagi PDI Perjuangan, sejak Bung Karno, Bu Mega, Pak Jokowi, dan the next president itu adalah satu kesatuan komitmen bagi masa depan Indonesia raya kita,” tegas Hasto.sinpo

Komentar: