Sebanyak 82 RT Tergenang Banjir, Pj Gubernur DKI Minta Jajaran Percepat Penanganan

Laporan: Martahan Sohuturon
Senin, 27 Februari 2023 | 14:30 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta jajarannya mempercepat penanganan banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi dan luapan sejumlah sungai di Jakarta.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta hingga Senin, 27 Februari 2023 pada pukul 11.00 WIB, tercatat banji menggenangi sebanyak 82 rukun tetangga (RT) dengan ketinggian air bervariasi, paling tinggi 1,8 meter.

"Kami minta segera diselesaikan," kata Heru seperti dikutip Antara pada Senin, 27 Februari 2023.

Banjir paling tinggi mendekati dua meteri terjadi di Jakarta Timur yaitu di satu RT di Kelurahan Cililitan, setinggi 1,8 meter, dan di 13 RT di Kelurahan Cawang dengan ketinggian air hingga 1,8 meter, serta di Kampung Melayu dengan ketinggian air hingga 1,75 meteri di 27 RT.

Total, banjir menggenangi 50 RT di Jakarta Timur akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung serta Kali Sunter.

Berikutnya, di Jakarta Barat ada 24 RT dengan ketinggian air bervariasi 20 cm hingga 1,2 meter yakni di Kelurahan Kembangan Utara sebanyak dua RT, Kembangan Selatan sebanyak dua RT, Joglo sebanyak satu RT, Tegal Alur sebanyak empat RT, Rawa Buaya sebanyak 10 RT, Kedung Kaliangke sebanyak empat RT, dan Duri Kosambi sebanyak satu RT.

Banjir juga terjadi di Jakara Selatn akibat luapan Kali Pesanggarahan, Kali Ciliwung, serta Kali Krukut yakni delapan RT dengan ketinggian air hingga 30 sampai 70 CM di Kelurahan Cipulir sebanyak satu RT, Cilandak Timur sebanyak dua RT, Kebon Baru sebanyak satu RT, serta Rawajati sebanyak empat RT.

BPBD DKI Jakarta menyatakan bahwa hujan deras yang terjadi sejak Minggu, 26 Februari 2023 malam telah mengakibatkan kenaikan status siaga Pintu Air Manggarai menjadi siaga 3 (waspada), Bendung Katulampa siaga 3, Pintu Air Karet siaga 3, Pos Angke Hulu siaga 3, Pos Sunter Hulu siaga 3.sinpo

Komentar: