Indonesia Boyong Tujuh Emas di Spanish Para Badminton International 2023

Laporan: Sinpo
Rabu, 01 Maret 2023 | 06:22 WIB
(foto:npcindonesia)
(foto:npcindonesia)

SinPo.id -  Tim nasional para-bulu tangkis Indonesia meraih prestasi bagus dalam turnamen Spanish Para Badminton International 2023. Dalam ajang yang berlangsung di Vitoria pada 20-26 Februari itu diikuti oleh 46 negara dengan total 320 peserta. Hasilnya timnas para-bulu tangkis Indonesia mampu meraih tujuh medali emas dan dua perunggu.

Keberhasilan para-bulu tangkis Indonesia sangat membanggakan karena dalam tujuh ketegori yang berlaga di babak final pada Minggu (26/2), semuanya mampu dituntaskan dengan kemenangan. 

Ganda campuran baru kategori SL3-SU5, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila sukses merebut medali emas setelah mengalahkan pasangan India, Chirag Baretha/Mandeep Kaur Mandeep Kaur, 21-11 21-12. 

Emas kedua dipersembahkan oleh ganda campuran SH 6, Subhan/Rina Marlina yang mengalahkan pasangan Thailand, Natthapong Meechai/Chai Saeyang 21-8 21-12.

Tunggal putra SU5, Dheva Anrimusthi menang atas pemain Malaysia, Cheah Liek Hou 21-11 17-21 dan 21-17 serta Syakuroh Qonitah Ikhtiar menumbangkan Oksana Kozyna dari Ukraina 21-9 21-14 untuk merebut emas tunggal putri SL3. 

Tunggal putri SH6, Rina Marlina mengalahkan Nithya Sre Sumathy Sivan (India) 21-8 21-14 sekaligus merebut medali emas keduanya di turnamen ini, serta diikuti sumbangan gelar juara dari Leani Ratri Oktila di tunggal putri SL4 setelah bertarung tiga gim melawan pemain Jepang, Haruka Fujino 21-11 14-21 21-13.

Ratri menambah koleksi tiga medali emasnya di ajang BWF Para Badminton International Level 2 ini setelah mampu menang di ganda putri SL3-SU5 saat berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah/ Ratri/ Khalim menang mudah atas pasangan India, Manasi Girishchandra JOshi/Shanthiya Viswanathan 21-9 21-9.

"Saya sangat puas dengan hasil yang saya raih di turnamen ini karena saya mampu meraih tiga emas pada tiga nomor yang saya ikuti yakni tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Turnamen ini sangat berat karena diikuti oleh pemain dari Jepang dan Prancis," kata Ratri.

Bertanding di tempat yang bersuhu dingin menjadi tantangan tersendiri bagi Subhan. "Saya tampil di tiga nomor dan sangat puas dengan hasil yang diraih di sini. Semua lawan berat dan tantangan semakin berat karena kami harus bertanding dalam suhu dingin," jelas Subhan.

Dengan berkekuatan 10 pemain dan mampu meraih 7 medali emas, hasil itu tentu menjadi langkah awal yang bagus bagi para-bulu tangkis Indonesia dalam mengejar tiket menuju Paralimpiade Paris 2024. 

"Turnamen ini sangat diminati oleh semua negara karena menjadi ajang pertama dalam mengejar poin menuju Paralimpiade Paris 2024. Kami puas dengan hasil yang diraih oleh tim meskipun pemain harus bertanding dalam cuaca yang dingin," ucap Jarot Hernowo, koordinator tim para-bulu tangkis Indonesia.

Setelah tampil di Spanish Para Badminton International 2023 yang merupakan turnamen BWF Para Badminton International Level 2, selanjutnya tim para-bulu tangkis Indonesia akan meneruskan perjuangan di Spanish Para Badminton International Toledo 2023 (BWF Para Badminton International Level 1) yang akan diadakan di Toledo, Spanyol pada 1-5 Maret 2023sinpo

Komentar: