DPR Harap KPK Buka Terang Sumber Kekayaan Rafael Trisambodo

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 01 Maret 2023 | 14:56 WIB
Rafael Alun Trisambodo di KPK/ SinPo.id/ Ashar SR
Rafael Alun Trisambodo di KPK/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - DPR RI mendukung langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memanggil Rafael Alun Trisambodo ayah dari tersangka kasus penganiayaan sadis Mario Dandy. Pemeriksaan diharap membuka terang asal muasal harta Rafael yang disebut-sebut berasal dari hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Bagus KPK memamggil saudara Rafael, untuk menjawab pertanyaan publik apakah hartanya diperoleh secara sah atau tidak," kata anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 1 Maret 2023.

Politikus Gerindra ini juga memandang Komisi Antirasuah peka dan responsif terhadap isu yang berkembang di tengah-tengah publik. Langkah KPK yang langsung memanggil Rafael disebut berdampak positif bagi penegakan hukum di Tanah Air.

"Kami menilai KPK sangat peka dan responsif, ini benar-benar bermakna positif," ujar dia.

Kendati begitu, Habiburokhman berharap publik mengedepankan asas praduga tak bersalah terhadap mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jakarta Selatan II tersebut.

"Baiknya kita sama-sama menghormati asas praduga tak bersalah. Kita tunggu kerja aparat penegak hukum dan jangan kita menghakimi terlalu dini," tegas dia.

Sebelumnya, Rafael Alun Trisambodo ayah dari tersangka kasus penganiayaan sadis Mario Dandy memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu, 1 Maret 2023. Mantan Kepala Bagian Umum Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Jakarta Selatan ini diperiksa terkait jumlah hartanya yang fantastis.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan Rafael Alun telah hadir di gedung KPK guna memenuhi undangan klarifikasi hartanya yang fantastis.

"Betul yang bersangkutan sudah hadir di Gedung merah putih KPK," kata Ali saat dikonfirmasi wartawan.sinpo

Komentar: