Soal Aplikasi SATUSEHAT Mobile, DPR Ingatkan Data Kerahasiaan Tetap Terjaga

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 01 Maret 2023 | 17:45 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI, Nurhadi/ Parlementaria
Anggota Komisi IX DPR RI, Nurhadi/ Parlementaria

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi berharap aplikasi SATUSEHAT Mobile tidak mempersulit masyarakat dalam mengakses data kesehatan. Aplikasi ini diharap lebih mudah diakses, terpenting bisa digunakan masyarakat dalam berbagai kalangan.

"Saya menyambut baik gantinya aplikasi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT Mobile. Saya mengharapkan pergantian yang dilakukan secara otomatis mulai 1 Maret 2023 ini berjalan lancar sehingga tidak merepotkan warga masyarakat seperti harus mendaftar ulang," kata Nurhadi melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 1 Maret 2023.

Tak hanya itu, politikus Partai NasDem ini berharap data vaksinasi dan bukti sudah divaksin Covid-19 berupa setigijat tetap tersimpan di aplikasi SATUSEHAT Mobile.

"Saya ingatkan agar kerahasiaan data tetap dijaga, jangan bocor atau disalahgunakan," kata dia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi melakukan pergantian aplikasi Pedulilindungi menjadi SATUSEHAT Mobile. Dikutip dari situs Kemenkes, SATUSEHAT Mobile merupakan nama baru dari aplikasi PeduliLindungi.

Bedanya, aplikasi ini membuat masyarakat mendapatkan layanan kesehatan terintegrasi. Sehingga, tidak perlu membawa rekam medis saat berpindah fasyankes karena berobat jadi lebih cepat dan gesit.

Secara umum, SATUSEHAT Mobile ini berperan sebagai aplikasi kesehatan masyarakat, catatan kesehatan pribadi, hingga Rekam Medis Elektronik (RME). Datanya bersumber dan terintegrasi dengan Satu Sehat Platform.sinpo

Komentar: