Usai Diperiksa KPK, Rafael Alun: Tolong Kasihani Saya!

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 01 Maret 2023 | 20:31 WIB
Rafael Alun Trisambodo/SinPo.id
Rafael Alun Trisambodo/SinPo.id

SinPo.id -  Mantan Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Rafael Alun Tisambodo telah setelah menjalani pemeriksaan terkait klarifikasi harta kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang berjumlah senilai Rp56 miliar. 

Usai menjalani pemeriksaan oleh lembaga antirasuah soal asal usul hartanya tersebut. Rafael Alun mengaku lelah karena menjalani pemeriksaan sedari pagi tadi hingga sore ini. Ia bahkan meminta belas kasihan ketika ditanya soal detail pemeriksaannya. 

"Saya sudah sampaikan itu saya sudah lelah dari pagi. Tolong kasihani saya ya, saya sudah lelah dari pagi,” ucapnya usai menjalani pemeriksaan KPK, Rabu 1 Maret 2023. 

Rafael alun tiba di Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 08.00 WIB. Ia menjalani proses klarifikasi hampir 9 jam dan baru keluar Gedung KPK, sekitar pukul 17.35 WIB. 

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah menelusuri asal usul harta kekayaan milik pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo.

Dalam penelusurannya, KPK juga mengecek perumahan seluas 6,5 Hektare di Minahasa Utara, atas nama Istri dari Rafael. 

"Saya kirim tim kemarin ke Minahasa Utara untuk melihat perumahannya ada 65.000 meter atau 6,5 hektare. Dimiliki dua perusahaan atas nama istri yang bersangkutan," kata kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan dalam konferensi pers, Rabu 1 Maret 2023. 

Pahala mengatakan data kedua perusahaan itu sudah tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Dari enam perusahaan yang tercatat di LHKPN dua diantaranya adalah perumahan yang berada di Minahasa Utara tersebut. 

Dalam LHKPN Rafael, ke enam perusahan tersebut masuk dalam katergori surat berharga yang nilainya sebesar kurang lebih Rp1,5 miliar. 

KPK juga mengungkapkan soal kepemilikan mobil Jeep Rubicon yang sering dipamerkan oleh Mario Dandy Satriyo, anak dari pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo Rafael Alun Trisambodo. Sementara identitas pemilik mobil tersebut bukan atas nama Rafael melainkan atas nama Kakaknya. 
sinpo

Komentar: