Jadi Lembaga Paling Dipercaya di Survei LSI, KPK Apresiasi Dukungan Publik

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 02 Maret 2023 | 11:07 WIB
Hasil Survei LSI atas tingkat kepercayaan publik atas lembaga negara/LSI
Hasil Survei LSI atas tingkat kepercayaan publik atas lembaga negara/LSI

SinPo.id -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi kepada publik atas dukungan dan kepercayaan yang terus meningkat pada lembaga antirasuah pada aspek penegakan hukum tindak pidana korupsi di Indonesia.

Hal ini sebagaimana pengukuran yang telah dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada periode Februari 2023. KPK menjadi lembaga paling dipercaya dalam pemberantasan  korupsi. 

"Survei tersebut menempatkan KPK dengan perolehan skor sangat dipercaya publik paling tinggi diantara lembaga penegak hukum lainnya," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis 2 Maret 2023. 

Menurut Ali, perolehan ini juga menunjukan trend peningkatan kepercayaan publik kepada KPK, yang mana dalam tiga survei terakhir terus konsisten naik.  

"Serta raihan skor tertinggi dalam 5 periode pengukuran terakhir atau sejak Mei 2022," kata Ali. 

Ali juga mengatakan, KPK juga menjadi lembaga yang paling dipercaya publik dalam pemberantasan korupsi dengan capaian 71 persen, yang juga terus meningkat. 

"Skor ini juga mengalami trend positif yang terus meningkat dalam 3 survei terakhir," katanya. 

Lebih lanjut, Ali menyatakan, KPK menempatkan publik sebagai elemen penting dalam pelaksanaan tugas pemberantasan korupsi, baik melalui strategi pendidikan, pencegahan, maupun penindakan. 

"Karena dalam setiap strategi tersebut KPK selalu melibatkan publik untuk turut berkontribusi dan berkolaborasi," ucapnya. 

"Sehingga seluruh elemen masyarakat punya awarness dan upaya bersama melalui peran dan fungsinya masing-masing, untuk menurunkan tingkat korupsi di Indonesia," lanjutnya. sinpo

Komentar: