Komisi X DPR Tegaskan Tak Setuju Sekolah di NTT Dimulai Jam 5 Pagi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 02 Maret 2023 | 20:50 WIB
Ilustrasi sekolah/ UMRI
Ilustrasi sekolah/ UMRI

SinPo.id - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menegaskan tidak setuju dengan kebijakan Gubernur NTT Viktor Laiskodat yang mewajibkan kegiatan belajar mengajar SMA/SMK dimulai pukul 5 pagi. Penerapan waktu sekolah harus melalui kajian mendalam.

"Saya pada posisi tidak setuju. Saya merasa masih butuh kajian yang matang menyangkut soal kebijakan ini," kata Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

Huda mengingatkan agar kebijakan masuk sekolah jam 5 pagi itu harus mempertimbangkan banyak aspek. Salah satunya, dampak dari kebijakan itu terhadap para siswa dan lingkungan.

"Jadi apa aspek pada pendidikannya, efek dari pemberlakuan ini, dan seterusnya, karena kita ngomongin soal pendidikan ya, jadi keputusan kebijakan harus dipertimbangkan dengan matang," ujarnya.

Huda menilai alasan penguatan pendidikan karakter pelajar dengan cara memajukan jam sekolah kurang tepat. Menurut dia, ada banyak cara untuk mendisiplinkan peserta didik selain dengan cara memaksa siswa datang ke sekolah subuh. 

"Misalnya, isunya kan soal ingin pendisiplinan, kan masih banyak hal selain harus merubah jam masuk sekolah kan. Pendisiplinannya masih banyak yang lain, yang saya kira bisa tanpa harus memajukan jam sekolah," kata dia.

Huda menekankan ada banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum menerapkan kebijakan tersebut. Dia menyebut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat ini telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait kebijakan tersebut.

"Setahu saya Kemendikbud sudah merespons dan saya sedang dalam diskusi karena memang kebijakan SMA, SMK kan ada di Pemerintah Provinsi," kata dia.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat membuat kebijakan soal sekolah dimulai jam 05.00 WITA bagi SMA/SMK di Kota Kupang. Namun akibat banyaknya penolakan dari warga, kebijakan itu berubah dari semula jam 05.00 WITA menjadi jam 05.30 WITA.

 sinpo

Komentar: