Erick Thohir Bertekad Bawa Liga Indonesia Jadi Nomor Satu di Asean

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 05 Maret 2023 | 14:35 WIB
Ketum PSSI terpilih, Erick Thohir/PSSI
Ketum PSSI terpilih, Erick Thohir/PSSI

SinPo.id -  Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bertekad membawa kompetisi di Indonesia menjadi yang terbaik di wilayah Asia Tenggara atau ASEAN, mengalahkan Liga Thailand dan Liga Vietnam. 

Erick menuturkan, berdasarkan ranking dan penilaian kompetisi dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), saat ini Liga Thailand menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. 

Bahkan, kata Erick, saat ini Liga Thailand menjadi satu-satunya kompetisi di Asia Tenggara yang sudah menggunakan sistem VAR (Video Assistant Referee).

‘’Apakah kita (PSSI) mampu? Saya optimistis mampu mengalahkan Thailand dan Vietnam terkait dengan kompetisi,’’ kata Erick Thohir dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu 5 Maret 2023. 

Erick juga memberi contoh soal pendapatan liga-liga di dunia, yang bukan hanya pada Liga sepakbola, seperti market value NBA yang mencapai USD8 miliar. Demikian juga dengan Liga Sepakbola seperti Serie A, Bundesliga, La Liga, Premier League, dll. 

‘’Jadi mereka belum bertanding saja sudah untung. Jadi ke depan kita ingin seperti itu. Apakah bisa? Bisa. Saya yakin. Ke depan akan ada sarasehan dengan Liga 3, Asosiasi Provinsi (Asprov), jambore suporter dan kita juga bicara bisnis," kata Erick. 

"Liga sepakbola itu bukan komunitas yang eksklusif. Kita bersaing dengan negara lain. Jadi banyak hal yang akan kita lakukan," lanjutnya. 

Sementara itu, dalam sarasehan dengan Klub Liga 1 dan Liga 2 juga telah disepakati beberapa hal. Salah satunya untuk Liga 1 musim depan berganti nama menjadi Liga Indonesia. Sedangkan Liga 2 berubah nama menjadi Liga Nusantara. 

‘’Semuanya, apakah itu Liga 1 dan Liga 2 akan memperebutkan trofi Piala Presiden. Jadwal kapan Liga 1 dan 2 mulai juga sudah kita tetapkan," kata Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha. 

sinpo

Komentar: