Lima Orang Tewas dalam Baku Tembak Pasukan Azerbaijan dengan Etnis Armenia

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 06 Maret 2023 | 09:17 WIB
Kota yang luluh lantak di Azerbaijan (AP Photo)
Kota yang luluh lantak di Azerbaijan (AP Photo)

SinPo.id - Pasukan Azerbaijan dan etnis Armenia baku tembak di wilayah Nagorno-Karabakh yang diperebutkan di Azerbaijan, hingga menewaskan sedikitnya lima orang.

Menurut Kementerian Pertahanan Azerbaijan, dua prajurit tewas dalam upaya menghentikan pasukan yang diduga membawa senjata dari kota utama kawasan itu ke daerah-daerah terpencil.

Sedangkan Kementerian Luar Negeri Armenia mengatakan, tiga pejabat dari Kementerian dalam Negeri Karabakh tewas. Mereka juga menepis tuduhan Azerbaijan dengan menyebut bahwa pasukannya hanya membawa dokumen dan pistol dinas.

"Mengirim tim pencari fakta internasional ke koridor Lachin dan Nagorno-Karabakh menjadi kebutuhan vital," kata Kementerian luar negeri Armenia, dilansir dari Al Jazeera, Senin 6 Maret 2023.

Sementara, Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan bahwa Azerbaijan perlu membuat pos pemeriksaan yang ketat di jalan Lachin-Khankendi, agar insiden itu tidak terulang lagi.

Seperti diketahui, kedua negara yang pernah dijajah Soviet tersebut, telah terlibat dalam dua perang untuk menguasai Karabakh yang berpenduduk Armenia di Azerbaijan, selama lebih dari 30 tahun.

Perang tersebut juga telah menewaskan lebih dari 6.500 orang. Tetapi gencatan senjata telah berlaku sejak 2020 dan memaksa Armenia menyerahkan wilayah yang telah dikuasainya selama beberapa dekade.sinpo

Komentar: