Pemerintah Luncurkan Program PROMISE II Impact untuk Tingkatkan UMKM

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 06 Maret 2023 | 11:38 WIB
Peluncuran program PROMISE II Impact (Kemenko Perekonomian)
Peluncuran program PROMISE II Impact (Kemenko Perekonomian)

SinPo.id - Pemerintah luncurkan program PROMISE II Impact dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM yang memiliki peran krusial dalam mendukung pencapaian target 90 persen inklusi keuangan nasional pada tahun 2024, melalui pemanfaatan teknologi digital.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Ferry Irawan, yang menyatakan UMKM memiliki kontribusi yang besar dalam perekonomian Indonesia menyumbang 61,9 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 97 persen terhadap tenaga kerja.

"Pemerintah juga berkomitmen untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas UMKM melalui pembangunan sektor digital dan fintech,” kata Ferry, dikutip Senin 6 Maret 2023.

Program PROMISE II Impact sendiri merupakan inisiasi dari International Labour Organization (ILO) bersama Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan dukungan pendanaan dari Sekretariat Negara Swiss untuk Bidang Perekonomian (SECO).

Selain itu, kata Ferry, dalam rangka memberikan akses digitalisasi yang lebih besar, PROMISE II Impact juga terfokus pada empat strategi yakni mendorong penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan skala usaha UMKM, mendukung adopsi teknologi digital oleh BPD dan BPR, meningkatkan ekosistem yang terikat dalam mata nilai UMKM melalui digitalisasi, perluasan pembeli dan akses yang lebih baik terhadap keuangan.

"Program tersebut melibatkan Pemerintah Daerah dalam mendukung kebijakan dan program pemulihan ekonomi yang disasarkan pada UMKM dan penyedia jasa keuangan," ungkapnya.sinpo

Komentar: