Jelang Ramadan dan Lebaran, Pemerintah Pastikan Ketersediaan Pasokan Bapok

Laporan: Sinpo
Selasa, 07 Maret 2023 | 04:52 WIB
Ilustrasi Bawang (Blibli)
Ilustrasi Bawang (Blibli)

SinPo.id -  Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan pemerintah terus berupaya menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok (bapok) di tengah masyarakat menjelang Ramadan dan Lebaran 2023. Hal ini ditegaskan saat menghadiri kegiatan panen bawang merah di Brebes, Jawa Tengah, hari ini, Minggu 5 Maret 2023.  

“Kita patut bersyukur saat ini tengah berlangsung panen bawang merah yang bertepatan dengan periode menjelang puasa dan lebaran," ujarnya.  

Komoditas bawang merah banyak dikonsumsi masyarakat pada periode puasa dan Lebaran. Adanya panen bawang merah, kata dia, diharapkan dapat menambah pasokan bawang merah di pasar rakyat guna menjaga stabilitas harga bawang merah, baik di tingkat petani maupun di tingkat konsumen.

Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian dalam menyediakan pasokan bawang merah pada periode puasa dan Lebaran.

 “Ke depan, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian akan terus bersinergi serta meningkatkan koordinasi dalam mengembangkan komoditas pertanian untuk kepentingan masyarakat,” sambungnya.

Selain itu, sebagai bentuk nyata komitmen Kementerian Perdagangan dalam mendukung komoditas bawang merah dan komoditas pertanian lainnya di antaranya melalui fasilitasi pembangunan Sistem Resi Gudang (SRG) dengan sistem Controlled Athmosphere Storage (CAS) yang salah satunya dibangun di wilayah Brebes.

Dalam kesempatan ini, Wamendag mewakili pemerintah sekaligus masyarakat Indonesia, menyampaikan terima kasih kepada para petani selaku penyangga pangan nasional yang senantiasa menyediakan pangan untuk memenuhi kebutuhan dan pemenuhan gizi bagi masyarakat Indonesia.

Masyarakat juga diimbau untuk memberikan apresiasi kepada para petani dengan mengonsumsi produk hasil pertanian nasional. Dengan begitu, akan memberikan semangat kepada para petani dalam menyediakan pangan bagi kita semua.

“Tak ketinggalan, kami juga mengharapkan dukungan pemerintah daerah dan seluruh pihak terkait untuk memastikan kelancaran distribusi guna menjaga ketersediaan bawang merah di pasar rakyat dengan harga terjangkau. Sehingga, masyarakat merasa aman dan tenang dalam menjalankan ibadah puasa dan Lebaran,” pungkas Wamendag.

Kabupaten Brebes merupakan sentra utama bawang merah nasional dengan produksi pada Maret 2023 sekitar 15 ribu ton. Pada 2022, luas panen bawang merah di Kabupaten Brebes seluas 32 ribu hektar atau setara produksi 384 ribu ton dengan produktivitas sebesar 11,8 ton per hektar.sinpo

Komentar: