Koran Sin Po 8 Maret 1924

Cervantes dan Camoens

Laporan: Sinpo
Rabu, 08 Maret 2023 | 11:17 WIB
Koran Sin Po 8 Maret 1924 (Monash Univesrity/SinPo.id)
Koran Sin Po 8 Maret 1924 (Monash Univesrity/SinPo.id)

Doea pemandangan dari Serawak. Banjak penoelis-penoelis Spanjol jang termashoer doeloenja taoe mendjadi soldadoe; begitoelah Cervantes dan Camoens doea-doea telah sering ikoet perang. Miquel de Cervantes Saavedra terlahir pada tanggal 9 October 1547 di Alcala de Henares (Nieuw-Castilie).

Lantaran ia poenja sairan tida begitoe „lakoe" ia mendjadi oering-oeringan dan pergi ka Italie dalem tahon 1569 dan masoek berkerdja pada balatentara dalem tahon 1570. Di paperangan dekat Lepanto (7 October 1571) ia ilang ia poenja tangan kiri di waktoe perang.

Koetika ia balik poelang ka Spanje dalem tahon 1575 ia djato dalem tangannja badjak laoet bangsa Algrie dan moesti hidoep sebagi boedak sampe tahon 1580; ia dibeli poelang oleh ia poenja iboe dan soedara prampoean dan pergi ka Portugal. Dalem tahon 1583 ia balik lagi ka Spanjol di mana ia menika dan karang roepa-roepa boekoe. Boekoe jang bikin tersohor ia poenja nama ada „Don Quijote” (djilid ka 1 terbit dalem tahon 1605; djilid ka 11 dalem tahon 1615).

Ini tjerita telah tersalin dalem ampir semoea bahasa. Sampe tahon 1857 di Spanjol sadja ini boekoe telah ditjitak boeat ka ampat ratoes kalinja. Dalem ini boekoe ditjeritaken riwajatnja Don Quijote (atawa Quichot) jang edan lantaran telah .batja terlaloe banjak boekoe-boekoe tentang ridderridder (djendraal-djendraal di djeman doeloe); Don Quijote perang dengen titiran penggilingan trigoe dan sarombongan kambing ia pandang sebagi moesoe dan ini Don selaloe berklai kalang kaboet dengen jang boekan-boekan lantaran maoe oendjoek ia poenja djasa pada ia poenja toendangan Dulcinea dari Toboso (jang sabenarnja djoega tida ada sama sekali dan tjoema ada dalem otaknja ini Don kalap).

la poenja boedjang bernama Sancho Panza. Don Quijote ada begitoe terkenal hingga sampe sekarang orang jang berlakoe edan dan menjerang setjara gila masi dinamaken Don Quijote. Kabarnja di doenia banjak sekali „toeroenan’’ dari Don Quijote.... Cervantes meninggal dalem tahon 1616 di Madrid pada tanggal 23 April. 1. Djalanan di kota Kuching (Serawak ; Noord-Brilsch Borneo) 2. „Astana” dari radja serawak….. Luis Vaz de Camoens ada satoe penjair bangsa Portugies jang terlahir dalem tahon 1524 di Lissabon; boleh djadi lantaran tjintaken satoe njonja astana bernama Catharina de Ataide (dalem ia poenja sairan dinamaken Natercia) ia moesti berlaloe dari astana dan pergi toeroet perang 2 tahon di Afrika dan dalem perang laoet di Ceuta ia poenja mata kanan mendjadi tjopot. Dalem tahon 1553 ia brangkat ka Goa sebagi soldadoe biasa ; dalem tahon 1556 ia pegang djabatan negri di Macao. Lantaran ada hal-hal jang tida beres ia dilepas dan dikirim kombali ka Goa; di moeloetnja soengei Mekong ia poenja kapal kleboe dan ia tjoema bisa toeloeng ia poenja toelisan (manuscript) „Os Lusiadas”.

Ia liwatin Malakka di mana ia dapet kabar ia poenja ka tjintahan soeda mati. Lantaran ini ia balik kombali ka Goa (1560) toeroet perang kombali dan bikin abis ia poenja karangan „Os Lusiadas" jang tjeritaken riwajatnja orang Portugies dibawa Vasco da Gama: „Os Lusiadas” artinja ”Toeroenan dari Lusus”,jalah kongtjo pertama dari bangsa Portugies). Ia pergi dari Hindia dan lantara soesa moesti tinggal 2 tahon di mozambique dan dalem 1570 ia baroe bisa sampe lagi ka Portugal. Doea tahon kamoedian ia poenja sairan terseboet baroe diterbitken. Pada tanggal 10 Juni 1580 ia meninggal lantaran...... penjakit Pest.sinpo

Komentar: