Zainudin Amali Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri dari Kursi Menpora

Laporan: Sinpo
Kamis, 09 Maret 2023 | 12:57 WIB
Menpora Zainudin Amali/Setkab
Menpora Zainudin Amali/Setkab

SinPo.id - Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) Zainudin Amali resmi mengajukan pengunduran diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Surat pengunduran diri diajukan Amali ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan diterima secara langsung oleh Mensesneg Pratikno pada Kamis, 9 Maret 2023

"Pagi ini saya bertemu Pak Mensesneg, saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi Menpora," kata Amali seperti dikutip Antara pada Kamis, 9 Maret 2023.

Amali diketahui ingin fokus mengurus sepak bola usai terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Amali mengaku sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal posisinya sebagai Waketum PSSI. Ia menyebut Jokowi telah mengizinkan dirinya fokus mengurus PSSI.

"Beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk fokus dan konsentrasi fokus kepada sepakbola," kata Amali di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Senin, 20 Februari 2023.

Amali pun mengatakan bahwa Jokowi memahami keinginan dirinya tersebut.

"Dan beliau menyerahkan kepada saya, karena saya menyampaikan kepada teman-teman, saya harus memilih," ujar Amali.

"Dan saya sampaikan kepada Pak Presiden, 'Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola, menjadi pengurus PSSI'. Dan itu dipahami oleh beliau," imbuh Amali.sinpo

Komentar: