Tampil Bersama di Kebumen, Pengamat: Ikhtiar Politik Jokowi Promosikan Prabowo dan Ganjar

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 09 Maret 2023 | 17:01 WIB
Kebersamaan Jokowi dengan Prabowo dan Ganjar (Istuimewa)
Kebersamaan Jokowi dengan Prabowo dan Ganjar (Istuimewa)

SinPo.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampil bersama di Kebumen saat mendampingi Presiden Joko Widodo kunjungan kerja, Kamis, 9 Maret 2023. Wacana duet Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024 pun makin menguat.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menyebut, menarik mencermati kebersamaan Presiden Jokowi Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dalam kegiatan panen di Kebumen Jawa Tengah.

"Kebersamaan ini bisa juga ditafsirkan sebagai ikhtiar politik dari Presiden untuk mempromosikan kedua figur tersebut dalam komposisi pasangan calon presiden dan wakil presiden di pemilu 2024," kata Bawono dalam keterangannya, Kamis, 9 Maret 2023.

Bawono menilai, komposisi Prabowo dan Ganjar sebagai pasangan capres dan cawapres akan sangat menarik. Terlebih keduanya selama ini memiliki elektabilitas tertinggi dalam berbagai macam survei.

"Duet kedua figur tersebut menjadi simbol bersatu kembali dua partai politik nasionalis terbesar dalam koalisi pemilihan presiden. Yaitu PDI Perjuangan dan Partai Gerindra," ucapnya.

"Komposisi pasangan calon Prabowo Subianto -Ganjar Pranowo tersebut juga dapat menghadirkan element of surprise dalam pemilu 2024," sambungnya.

Ketika Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersatu sebagai pasangan calon di pemilu 2024, kata Bawono, tentu saja akan sangat mengejutkan, sekaligus mematahkan prediksi berbagai pihak selama ini. Terlebih, Jawa Timur dan Jawa Tengah adalah dua provinsi di pulau Jawa memiliki dukungan rendah terhadap Prabowo Subianto di dua pemilu lalu.

"Dengan menggandeng Gubernur Jawa Tengah itu akan menguatkan potensi keterpilihan dari Prabowo Subianto di Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam pemilihan presiden tahun 2024 mendatang, mengingat PDI Perjuangan sebagai basis politik Ganjar Pranowo kuat di dua provinsi itu. Selain itu menggandeng Ganjar Pranowo sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto juga akan bisa menutup celah elektoral di Jawa Tengah," tandasnya.sinpo

Komentar: