Puan Berikan Bantuan untuk Korban Gempa Turki

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 10 Maret 2023 | 16:28 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (Dokumentasi Puan Maharani)
Ketua DPR RI Puan Maharani (Dokumentasi Puan Maharani)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyerahkan bantuan dari masyarakat dan Pemerintah Indonesia untuk korban gempa Turki, di sela-sela acara 8th MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia Speakers’ Consultation yang digelar di Istanbul, Turki.


“Pada kesempatan ini saya mewakili DPR RI dan rakyat Indonesia menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas musibah gempa yang terjadi di Turki pada bulan Februari lalu,” kata Puan, Jumat 10 Maret 2023.

Dalam pertemuan dengan ketua parlemen Turki, ia juga turut mendoakan agar korban luka akibat gempa Turki dapat segera pulih, dan berdoa bagi korban meninggal dunia agar mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

“Saya yakin pemerintah Turki dan rakyat Turki akan bangkit kembali menjadi lebih kuat setelah ini,” ungkapnya.

Selain itu, Indonesia juga memberikan bantuan untuk Turki dengan mengirimkan Tim SAR, Emergency Medical Team, Rumah Sakit Lapangan dan bantuan kemanusiaan. Bahkan sekitar 250 orang personel dan lima pesawat milik Indonesia pun terlibat dalam misi kemanusiaan di Turki.

“Di luar itu, ada 17 LSM dari Indonesia yang juga ikut membantu penanganan pasca bencana di Turki. Ini adalah misi kemanusiaan terbesar yang pernah dikerahkan Indonesia di luar negeri sejauh ini,” paparnya.

Di samping itu, kata Puan, DPR RI menyatakan ingin melengkapi dukungan Indonesia bagi penanganan pasca gempa, dengan membawa vaksin dan serum tetanus sesuai dengan permintaan Pemerintah Turki.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa 5.773 blanket, 30 Generator Set 2000 Watt, Generator Set 15 KVA, 2 Generator Set 5 KVA, 200 Sleeping Bag, hand body wash, 20 foam mattress, sanitary pads, 7 platoon tents, Hygiene Kits, 100 jaket, kaos kaki, sarung tangan serta 4.160 dosis Vaksin tetanus dan 300 serum.sinpo

Komentar: