Polres Ngawi Siap Amankan Kunjungan Presiden Jokowi

Laporan: Sinpo
Sabtu, 11 Maret 2023 | 00:58 WIB
Jajaran Polres Ngawi melakukan persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo
Jajaran Polres Ngawi melakukan persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo

SinPo.id -  Polres Ngawi mengamankan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di wilayah Ngawi pada Sabtu 10 Maret 2023. Upaya pengamanan Presiden RI di objek yang akan dikunjungi berdasarkan pembagian tugas. 

"Kami menerapkan pola sistem ring, ada ring 1, ring 2 dan ring 3," kata Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, kepada wartawan pada Jumat 10 Maret 2023.

Pernyataan itu disampaikan saat melakukan pemantauan pengamanan dan survey lokasi di Kartoharjo dan Pasar Beran.

Kapolres Ngawi menjelaskan, ring 1 yaitu paspampres karena kewenangan paspampres yang melekat dengan presiden, untuk ring 2 tempat acara yang akan dikunjungi, sedang kanring 3 di rute sepanjang perjalanan menuju lokasi. 

Khusus untuk ring 2 dalam kunjungan Presiden kali ini, Polres Ngawi mengerahkan sekitar 460 personel.

"Kami menggelar personil pengamanan bersama TNI di Ngawi, selain ring 1, ring 2 dan ring 3 sekitar 460 personil dengan sistem terbuka dan tertutup. Ada yang berpakaian dinas, ada yang berpakaian preman," jelas Dwiasi.

Sistem pengamanan yang dilakukan kepolisian, lanjut Dwiasi, telah dikolaborasikan  dengan pihak TNI sesuai petunjuk Danrem. Mulai dari Presiden datang, pengecekan keamanan lokasi sampai ke arah masuk acara. 

Kapolres Ngawi juga sudah memberikan jaminan keamanan sampai di tempat lokasi.

Selain itu, kepolisian sudah meminta kepada Pemkab Ngawi untuk menyediakan sejumlah fasilitas seperti fasilitas kesehatan, mandi cuci kakus (MCK), dan keperluan-keperluan lain yang dibutuhkan masyarakat. 

Kapolres berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan besok.

"Kami harapkan dengan pola-pola seperti ini, hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Bagaimanapun juga diharapkan kerja samanya dengan seluruh masyarakat, sejak masuk juga kami imbau dan beritahu bahwa lokasinya di tempat ini," harapnya.

Menurut Dwiasi, kepolisian memang melakukan antisipasi terkait kegiatan kunjungan Presiden, agar kunjungan Presiden  berjalan aman dan nyaman.

"Sampai saat ini, situasi dan gladi  yang sudah dilaksanakan oleh seluruh pihak, sudah terlaksana. Tapi mungkin belum banyak yang datang. Kalau sekarang dilihat yang sudah hadir di sini sekitar 6 ribuan penonton atau pengunjung," terangnya.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan, hasil informasi atau hasil pemantuan adanya kerumunan yang mengakibatkan kerawanan-kerawanan di Ngawi. 

Ia juga sudah memikirkan kemungkinan yang terjadi saat para masyarakat yang melihat  bisa senang dengan kehadiran Presiden di Ngawi untuk rencana kontijensi juga sudah disiapkan 460 personil yang sudah dilatih dan siap untuk mengamankan kegiatan.

"Pintu keluar andaikata memang sudah terjadi sesuatu hal, kami sudah pikirkan, di mana pintu keluar, di mana emergency, di mana ada kendaraan yang bisa mengevakuasi," tegasnya.sinpo

Komentar: