Tembak Tiga Warga Tel Aviv, Pria Palestina Tewas di Tangan Polisi

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 11 Maret 2023 | 10:17 WIB
Ilustrasi penembakan (Pixabay)
Ilustrasi penembakan (Pixabay)

SinPo.id - Pria Palestina melepaskan tembakan di sebuah jalan di Kota Tel Aviv, Israel, pada Kamis, 9 Maret 2023 malam waktu setempat. Insiden ini menyebabkan tiga orang terluka.

Kepala polisi Distrik Tel Aviv Amichai Eshed mengatakan, bahwa pria bersenjata itu menembaki pejalan kaki sebelum melarikan diri. Menurut dia, pria tersebut berhasil dikejar dan tewas oleh seorang polisi dan polisi wanita.

"Polisi dalam jumlah besar menyisir kota untuk mencari kemungkinan keterlibatan orang kedua yang membawa penembak tersebut ke Tel Aviv," kata Eshed seperti dikutip dari Xinhua.

Layanan penyelamatan Magen David Adom Israel mengatakan dalam siaran pers bahwa tiga orang terluka dan dilarikan ke rumah sakit.

Sementara itu, Wali Kota Tel Aviv Ron Huldai, membenarkan bahwa serangan itu terjadi di Jalan Dizengoff, yang terkenal dengan sejumlah bar dan restoran. Jalanan tersebut ramai pada Kamis malam menjelang akhir pekan, sementara ribuan orang berunjuk rasa menentang rencana kontroversial pemerintah untuk merombak peradilan. Sebelumnya, pasukan Israel membunuh tiga militan Palestina dalam sebuah serangan di Tepi Barat, daerah yang diduduki Israel.

Jalan Dizengoff mengalami berbagai serangan lain selama bertahun-tahun, termasuk satu serangan pada April 2022, saat seorang pria Palestina bersenjata melepaskan tembakan ke bar yang ramai sehingga menewaskan dua warga Israel. Ketegangan antara Palestina dan Israel meningkat di Tepi Barat dan Yerusalem Timur sejak awal tahun 2023.

Data resmi Palestina dan Israel menunjukkan bahwa lebih dari 70 warga Palestina tewas di tangan pasukan Israel. Sementara itu, sebanyak 14 warga Israel tewas dalam serangan yang dilakukan warga Palestina.sinpo

Komentar: