Jubir Milenial PKB: Penundaan Pemilu Sama dengan Merampas Hak Rakyat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 11 Maret 2023 | 19:10 WIB
Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga/Istimewa
Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga/Istimewa

SinPo.id - Juru Bicara (Jubir) Milenial Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mikhael Sinaga menegaskan penundaan pelaksanaan Pemilu 2024 sama dengan merampas hak rakyat. Pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan telah diatur undang-undang (UU).

"Kalau saya melihatnya dari kacamata PKB, pemilu ini kalau tidak dijalankan sesuai dengan yang sudah ditetapkan, yaitu 14 Februari itu sama namanya merampas hak rakyat,," kata Mikhael dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu, 11 Maret 2023.

Mikhael berharap pemerintah tidak memulai tradisi yang buruk dengan menetapkan pelaksanaan pemilu sesuai keinginan atau kepentingan pihak. Dia menilai penundaan pemilu juga akan menjadi preseden buruk bagi demokrasi Indonesia.

"Bahwa pemilu itu ya tidak pasti, ya kita nunggu-nunggu aja siapa tahu penguasa tidak ingin pemilu kan seperti itu," kata dia.

Dia juga mengingatkan jika penundaan pemilu justru bakal menjadi senjata politik di masa depan. Untuk itu, Mikhael meminta pemilu tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, yakni pada 14 Februari 2024.

Mikhael menekankan PKB tetap berada di posisi mendukung Pemilu 2024 tetap digelar sesuai jadwal. Partai besutan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini bahkan sudah menyiapkan segala kebutuhan untuk menghadapi pemilu.

"Jalan terus pemilu. PKB sudah mempersiapkan selain kuota perempuan yang  disebutkan tadi kuota anak muda juga sangat banyak. Mungkin di kita ini paling banyak anak mudanya bahkan lebih dari 30 persen, kalau perempuannya pasti 30 persen," tegas dia.sinpo

Komentar: