Sri Mulyani: Hasil Investigasi Harta Tak Wajar 69 PNS Diungkap Pekan Depan

Laporan: Sinpo
Sabtu, 11 Maret 2023 | 19:26 WIB
Menkeu Sri Mulyani/SinPo.id
Menkeu Sri Mulyani/SinPo.id

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bakal mengungkapkan hasil investigasi harta tak wajar milik 69 aparatur sipil negara (ASN) bakal diungkap pekan depan.

"Ini sedang dilakukan investigasi lebih lanjut, nanti Pak Wamen dan Itjen akan melaporkan kepada publik setelah melapor kepada saya," kata pemilik sapaan akrab Ani itu seperti dikutip Antara pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Ia menuturkan, pihaknya telah melakukan investigasi selama satu pekan. Investigasi dilakukan terhadap 69 ASN Kemenkeu yang memiliki harta dalam kategori risiko tinggi dan risiko menengah.

Adapun kejanggalan harta milik 69 ASN itu diperoleh usai Kemenkeu melakukan sejumlah identifikasi.

"Informasi dari kami, 29 untuk risiko tinggi dan 68 pegawai yang risiko menengah. Sudah seminggu ini dipanggil dan memperdalam semua yang masuk ke risiko tinggi dan menengah. Risiko rendah bukannya tidak kita perhatikan tapi sekarang ini resource-nya sedang fokus kejar-kejaran dengan waktu," tuturnya.

Ia menegaskanKemenkeu menerapkan asas kepatutan dan kepantasan, meski tetap menggunakan asas praduga tidak bersalah.

"Saya sampaikan walaupun uang itu halal, kalau dianggap tidak patut oleh masyarakat bertindak seperti itu kami dari Kementerian Keuangan meminta seluruh jajaran Kementerian Keuangan untuk memperhatikan asas kepatutan dan kepantasan," tuturnya.sinpo

Komentar: