Soal Penundaan Pemilu, Demokrat Ingatkan Semua Pihak Taat pada Konstitusi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 11 Maret 2023 | 21:03 WIB
Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPP Partai Demokrat Herman Khaeron/ SinPo.id/ Ari
Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPP Partai Demokrat Herman Khaeron/ SinPo.id/ Ari

SinPo.id - Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPP Partai Demokrat Herman Khaeron mengingatkan semua pihak untuk taat pada konstitusi terkait pelaksanaan pemilu. Konstestasi politik telah disepakati untuk digelar lima tahun sekali.

"Berarti prosesnya adalah proses konstitusional, kalaupun memang harus ada manuver-manuver dari kekuasaan menuju kepada pemunduran dan lain sebagainya," kata Herman dalam sebuah diskusi di Jakarta pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Dia menyinggung soal putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) yang menunda tahapan Pemilu 2024. Dia menilai PN Jakpus tidak punya wewenang menghentikan proses pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Semestinya kan kamarnya sudah selesai mereka menggugat di PTUN sudah kalah begitu. Kemudian ada di Mahkamah Konstitusi sudah ditetapkan," kata dia.

Menurut Herman, PN Jakpus seharusnya betul-betul memperhitungkan secara matang sebelum memutus menunda pelaksanaan pemilu. Apalagi, ada banyak partai politik (parpol) yang sudah berjuang mati-matian memenuhi persyarakat untuk lolos menjadi peserta pemilu.

"Karena kami di DPP Partai Demokrat siang malam mempersiapkan itu. Saya sebagai Kepala Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi Keanggotaan yang semua melegitimasi terhadap struktur pada semua tingkatan sampai tingkat anak cabang yang diverifikasi secara administrasi, ini bukan perjuangan mudah begitu," kata dia.

Dia menilai putusan PN Jakpus untuk menghentikan proses pelaksanaan Pemilu 2024 tidak adil. Herman meminta kekuasaan menjaga proses demokrasi yang sudah berjalan sampai sekarang.

"Mindset siapa pun harusnya disetel ya termasuk mindset kekuasaan, bahwa sesungguhnya proses-proses demokrasi yang sudah kita jalankan pascareformasi yang directly rakyat terlibat di dalam proses demokrasi ini ya mari kita jaga gitu," tegas dia.sinpo

Komentar: