Duta GenRe Berperan Ajak Anak Muda Hidup Lebih Berencana

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 12 Maret 2023 | 03:32 WIB
Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo/UGM
Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo/UGM

SinPo.id -  Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Hasto Wardoyo menyatakan bahwa sosok Duta Generasi Berencana (GenRe) merupakan teladan bagi remaja sebayanya di Indonesia untuk hidup lebih berencana.

“Perencanaan dalam membangun keluarga itu penting. Jangan terlalu muda untuk menikah, tapi jangan terlalu tua juga untuk menikah dan melahirkan. Tetap ingat cegah 4Terlalu, jadi tetap rencanakan jarak melahirkan jangan terlalu dekat, dan jangan terlalu sering melahirkan,” kata Hasto dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu, 11 Maret 2023.

Ketika menghadiri Grand Final Duta GenRe Jawa Tengah 2023 di Semarang, Jawa Tengah pada Kamis, 10 Maret 2023 malam, Hasto menyampaikan bahwa para duta yang terpilih merupakan role model (sosok teladan) sekaligus juru bicara dalam meningkatkan pemahaman terkait hidup berencana di daerahnya masing-masing.

Duta GenRe juga berperan dalam menyampaikan program pemerintah dengan cara yang lebih mudah diterima sebayanya, sehingga bisa mengubah pola pikir remaja untuk mulai membangun keluarga yang berkualitas, sehat, bebas stunting dan menekan angka kematian ibu.

Misalnya, dengan tidak hamil terlalu banyak supaya baik kesehatan ibu dan bayi bisa lebih terjaga.

“Hal itu bisa terwujud jika keluarga baru yang berasal dari anak-anak muda bagus dan berkualitas. Setahun ada 2 juta anak-anak yang menikah. Dari satu tahun itu lahir 1,6 juta bayi, dan yang stunting itu ada 300 ribu. Jadi kalau GenRe ini bisa bergerak dengan baik, temannya yang mau nikah dikasih tahu jangan pre-wedding saja terus, pre-konsepsi juga harus dipikirkan,” katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Widwiono menambahkan bahwa Duta GenRe harus berkampanye mengenai pencegahan pernikahan anak, tidak narkoba dan seks bebas, mengisi waktu dengan kegiatan positif, dan pencegahan stunting melalui perencanaan berkeluarga.

Adapun Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah 2023 yang terpilih pada malam Grand Final tersebut adalah Iqbal Febrian dari Kota Surakarta dan Vionita Happy Cahyadi dari Kabupaten Temanggung.

Sebagai informasi, Apresiasi Duta GenRe merupakan acara tahunan yang rutin untuk saling mempertemukan remaja yang tergabung dalam PIK Remaja dan memilih figur remaja. Kegiatan ini telah berlangsung selama tiga hari terhitung tanggal 7-9 Maret 2023.

Para peserta diminta untuk menunjukkan kemampuan dan minat bakat, serta program unggulan daerahnya masing-masing kepada para juri.

Hasilnya, dari 34 pasang peserta kabupaten dan kota di Jawa Tengah terpilih 10 besar, yang kemudian diseleksi kembali melalui serangkaian tes dan pertanyaan dari juri hingga didapat tiga besar calon Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah tahun 2023.sinpo

Komentar: