Asteroid Besar Diprediksi akan Menghancurkan Hari Valentine di 2046

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 12 Maret 2023 | 12:36 WIB
Ilustrasi asteroid (NASA)
Ilustrasi asteroid (NASA)

SinPo.id - Pakar luar angkasa memperkirakan asteroid besar kemungkinan dapat menabrak Bumi tepat pada waktunya untuk merusak Hari Valentine pada tahun 2046.

"Asteroid selebar 50 meter, yang dikenal sebagai 2023 DW, diperkirakan membutuhkan waktu lebih dari dua dekade untuk mencapai kita, mungkin hampir tiga dekade," kata pakar, dilansir dari The Guardian, Minggu 12 Maret 2023.

Badan Antariksa Eropa menemukan 2023 DW pada 26 Februari dan memperkirakannya memiliki peluang satu banding 607 untuk mempengaruhi Bumi, dan berpotensi menabrak Bumi pada 14 Februari 2046.

Asteroid tersebut diproyeksikan memiliki ukuran sebesar panjang kolam renang Olimpiade. Namun ukuran tersebut belum dapat dipastikan secara pasti.

Di samping itu, para ilmuwan telah menambahkan 2023 DW ke dalam apa yang disebut daftar risiko, dengan merinci benda-benda yang mengambang di ruang angkasa yang berpotensi memengaruhi Bumi.

Mereka menempatkan peringkat pada skala Torino, sebuah metode yang dikembangkan pada tahun 1999 yang menilai risiko objek luar angkasa bertabrakan dengan Bumi.

Para ilmuwan dari Center for Near Earth Objects NASA, berharap mulai hari ini, asteroid tidak menimbulkan tingkat bahaya yang tidak biasa dan kemungkinan tabrakan sangat tidak mungkin.

Tetapi 2023 DW berdiri terpisah dari 1.448 asteroid lain dalam daftar berisiko sebagai satu-satunya asteroid dengan peringkat lebih tinggi dari 0.

Meski demikian, kantor koordinasi pertahanan planet NASA mengatakan risiko tabrakan dengan Bumi saat ini sangat kecil. Sementara Astronom Italia, Piero Sicoli, memperkirakan kemungkinan 2023 DW menghantam Bumi adalah 1 banding 400.sinpo

Komentar: