Sejumlah Wartawan Jadi Korban Ledakan Bom di Balkh Afghanistan

Laporan: Sinpo
Senin, 13 Maret 2023 | 02:55 WIB
Pasukan ISIS/ Twitter
Pasukan ISIS/ Twitter

SinPo.id -  Sejumlah jurnalis menjadi korban akibat bom meledak di kota Mazar-i-Sharif di Provinsi Balkh, Afghanistan pada Sabtu 11 Maret 2023 waktu setempat. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom itu.

"Serangan terhadap jurnalis itu disebabkan oleh paket bom yang berhasil ditempatkan dan diledakkan oleh pejuang ISIS pada acara yang diadakan di pusat budaya di Mazar-i-Sharif, ibu kota provinsi Balkh," kata ISIS dalam sebuah pernyataan di Amaq News seperti dilansir AFP pada Senin 13 Maret 2023. 

"Ledakan itu menargetkan rapat umum yang diadakan di dalam sebuah pusat Syiah untuk memberi penghargaan kepada beberapa jurnalis yang bekerja di lembaga yang terlibat dalam perang dan hasutan melawan ISIS," tambah pernyataan itu.

Insiden itu mengakibatkan 
seorang penjaga keamanan tewas, sementara lima wartawan dan tiga anak terluka dalam serangan bom itu.

Sebelum insiden itu terjadi, pada Kamis 9 Maret 2023, Gubernur Balkh, Mohammad Dawood Muzammil, tewas oleh seorang pelaku bom bunuh diri. Insiden itu terjadi di kantornya di Mazar-i-Sharif. 

Pembunuhan Muzammil, yang dikenal memerangi jihadis ISIS, menandai salah satu serangan tingkat tertinggi sejak Taliban kembali berkuasa pada 2021.
 sinpo

Komentar: