Terlalu Berisiko, Polri Imbau Pemudik Tak Gunakan Sepeda Motor

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 13 Maret 2023 | 09:13 WIB
Pemudik yang menggunakan sepeda motor (NTMC Polri)
Pemudik yang menggunakan sepeda motor (NTMC Polri)

SinPo.id - Polri mengimbau kepada para pemudik tidak menggunakan sepeda motor untuk menuju kampung halamannya. Imbauan ini dikeluarkan guna mencegah kecelakaan lalu lintas.

"Menggunakan kendaraan sepeda motor itu saat mudik lebaran sangat riskan terhadap kecelakaan," ungkap Direktur Keselamatan dan Keamanan Korlantas Polri, Brigjen Pol Ery Nursatari dalam keterangannya, seperti dikutip pada Senin, 13 Maret 2023.

Polri, kata Ery, mendukung langkah dan imbauan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar pemudik tidak menggunakan kendaraan roda dua. Pasalnya, kecelakaan kendaraan roda dua dalam arus mudik lebaran cukup tinggi.

"Kami minta pemudik lebaran gunakanlah fasilitas yang ada, daripada harus hilang nyawa. Meskipun kita tidak tahu masalah nyawa itu. Masyarakat harus menyadari bahwa pemerintah bertujuan baik," jelasnya.

Polri berharap masyarakat yang mudik lebaran merasa tenang selama dalam perjalanan. Demi mewujudkan hal tersebut, Polri akan menerjunkan petugas di lapangan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang mudik lebaran agar berjalan lancar, aman, nyaman, merasa senang, gembira dan berkesan serta selamat sampai tujuan," kata dia.

Petugas kepolisian, kata Ery, juga akan disebar di titik-titik rawan kemacetan. Petugas juga akan ditempatkan di sejumlah lokasi keramaian selama musim musik lebaran, seperti stasiun hingga pelabuhan.

"Kami rutin menggelar operasi, patroli dan disebar di tempat-tempat rawan kejahatan," tandasnya.sinpo

Komentar: