Mentan Rencanakan Perluasan Pasar Penjualan Kopi Indonesia di Dunia

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 13 Maret 2023 | 12:12 WIB
Kopi Indonesia (Dok. Kemenlu)
Kopi Indonesia (Dok. Kemenlu)

SinPo.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), menargetkan pasar yang lebih luas untuk penjualan kopi asal Indonesia, lantaran banyak penikmat kopi di dunia yang suka terhadap kopi Indonesia.

Menurutnya, Sulawesi merupakan gerbang Indonesia yang memiliki banyak kopi unggulan. Tersebar di wilayah Toraja, Enrekang, Wajo, Parepare sampai kopi Malakaji yang sudah terkenal ke seluruh dunia.

"Oleh karena itu kita sudah canangkan tanam kopi sebanyak 30 juta. Kenapa? Karena di pikiran saya untuk 5 tahun ke depan tidak ada warung kopi di dunia yang terbesar di dunia di semua negara yang tidak ada kopi Indonesianya," kata Mentan SYL, dikutip Senin 13 Maret 2023.

Ia menjelaskan banyak kopi asal Indonesia yang memiliki harga fantastis di toko kopi dunia. Bahkan berdasarkan harga di gelaran One Day with Indonesian Coffee, Fruits, and Floriculture di 10 negara, harga rata-rata kopi Indonesia mencapai Rp 400 hingga Rp 500 ribu per kilogram.

Sehingga, kata Mentan, potensi kopi yang cukup besar itu perlu ditingkatkan untuk memantik kesejahteraan petani dan masyarakat luas, dengan dukungan penuh dari semua pihak untuk memperkuat akselerasi ekspor.

"Kita tentu saja melihat sudah makin dikenalnya branding Kopi Arabika Toraja, Arabika Kalosi Enrekang dan Arabika Bantaeng yang telah memiliki sertifikasi Indikasi Geografis. Dan sekarang yang kita butuhkan adalah branding yang terukur dan keberlanjutan, seperti Kopi Komandan yang telah memiliki branding dan hak atas kekayaan intelektual," ungkapnya.sinpo

Komentar: