Isu Penundaan Pemilu, AHY: Apa Ada Plt Presiden?

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 14 Maret 2023 | 20:35 WIB
Foto: Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Sigit Nuryadin/ SinPo.id
Foto: Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Sigit Nuryadin/ SinPo.id

SinPo.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyoroti isu penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam pidato politiknya di hadapan para kader Partai Demokrat di Senayan, Jakarta Selata pada, Selasa, 14 Maret 2023.

AHY mengklaim jika rakyat yang ditemui di seluruh pelosok daerah menolak penundaan penyelenggaraan Pemilu 2024. AHY juga memandang jika posisi pemimpin bangsa dapat kosong apabila pemilu ditunda.

"Karena karena perintah konstitusi pemerintahan saat ini akan mengakhiri masa tugasnya pada tanggal 20 Oktober 2024. Pertanyaannya begini, apa iya ada Plt Presiden?" kata AHY..

Ia bahkan menilai, situasi nasional akan kacau lantaran negara dipimpin plt. (pelaksana tugas) presiden dan ribuan plt. wakil rakyat selama dua hingga tiga tahun.

Lebih lanjut, AHY khawatir dengan pandangan negara lain terhadap Indonesia. Serta, memandang Indonesia sebagai republik pisang atau banana republic.

"Saya khawatir dunia akan melihat Indonesia sebagai banana republic, karena semua pejabat negara menduduki kursi kekuasaan tanpa mandat rakyat, tanpa pemilu yang demokratis. Artinya tidak punya legitimasi yang kuat sehingga kekuasaan yang dimiliki menjadi tidak sah dan juga tidak halal," tuturnya.

 sinpo

Komentar: