Koran Sin Po 15 Maret 1924

Pestalozzi dan Jan Ligthart

Laporan: Sinpo
Rabu, 15 Maret 2023 | 09:38 WIB
koran Sin Po, 15 Maret 1924 (Monash University/SinPo.id)
koran Sin Po, 15 Maret 1924 (Monash University/SinPo.id)

SinPo.id -  Pembatja tentoe semoewa kenal „Boekoe A.B.C.” jang bisa dibeli di mana-mana tempat dan dari mana doeloe orang adjar spel dan batja. Dalem ini boekoe antara laen orang dapetken perkatahan perkatahan jang berbaris-baris sebagi: Ab, Eb, 1b, Ob, Oeb; Ba, Be, Bi, Bo, Boe dan sebaginja.

Ini perkatahan-perkatahan ada boeat dibatja oleh anak-anak jang baroe berladjar spel, dan belon bisa batja perkatahan-perkatahan lengkap. Tapi sedikit pembatja jang taoe ini tjara mengadjar dengen „Ab, Eb, 1b, Ob, Oeb”,„Ba, Be, Bi, Bo, Boe” ada berasal dari Johann Heinrich Pestalozzi satoe djoeroe pendidik jang termashoer dari Zwitserland. la terlahir di Zurich dalem tahon 1746 dan lantaran berhati baek, ia boeka satoe roemah sekola boeat anak-anak orang miskin sedari tahon 1774.

la pili kira-kira doea poeloe anak anak jang paling miskin dan kasi ia orang pake, makan dan peladjaran saolah-olah iaorang ada ia poenja anak sendiri. Kamoedian ia oeroes satoe roemah anak-anak piatoe di Stanz dan di ini tempat boeat pertama kali ia kasi pladjaran batja menoeroet systeem jang dinamaken „Syllabarien” jalah systeem „Ab, Eb, lb, Ob, Oeb” jang begitoe terkenal di ini Hirtdia. Menoeroet ia poenja anggepan segala kaboeroekan dalem penghidoepan tjoema bisa ditjaboet dengen akar-akarnja dengen pertoeloengannja didikan dan Pladjaran.

Perasahan tjinta pada sang moerid ada sala satoe sifat jang paling penting boeat sang goeroe dan dalem ini hal Pestalozzi kasi tjonto jang bagoes; sebab ia ada sala satoe goeroe jang de Tjonto jang kita kasi diatas ada tjonto jang saderhana, tapi banjak tests laen ada amat roewet hingga soesa dibitjaraken dengen terang.

Orang tida boleh taro harga terlaloe banjak pada ”tests’’ demikian, lantaran terlaloe mechanisch dan perloe dilengkapin dengen „nicht-experimentel te Beobachtungen aller Art” (W. Peters, Zeitschr. fur Psych. Mei 1922) atawa dengen „psychographische methode" dart Dr. Jac. van Ginneken. Sebab menoesia boekannja ”barang’’ hingga bisa dioekoer „sampe habis” dengen pekakas-pekakas jang begimana haloes poen ! ngen sagenap hati berkerdja boekan soepaja dapet banjak oentoeng oewang, boekan boeat „dapet nama”, tetapi boeat kapentingannja ia poenja moerid-moerid jang ia anggep sebagi ia poenja anak-anak sendiri.

Soepaja anak-anak bisa diadjar dengen tjepet dan gampang ia berichtiar boeat tjari atoeran-atoeran beladjarjang baroe. „Ich will den menschlichen Unterricht psychologisieren”. Pestalozzi meninggal dalem tahon 1827 dan ia poenja pengaroe besar sekali dalem oeroesan pladjaran di Europa dan Amerika.

Di Duitschland, Amerika Sarikat, Frankryk, Italië, Spanje, Rusland, Denemarken, Engeland dan Nederland orang diriken sekola-sekola menoeroet Pestalozzi poenja aioeran. Djoeroe pendidik jang ada mirip dengen Pestalozzi ada saorang Olanda jang bernama Jan Ugthart (1859 19'6) jang djoega mempoenjai hati baek dan pandang ia poenja moerid-moerid sebagi ia poenja anak-anak sendiri.

Ia poenja roemah sekola jang saderhana di Tullinghstraat (Den Haag) boekan seperti roemah sekola biasa tetapi ada seperti satoe roemah tangga besar. Jan Ligthart tiada dapet pladjaran tinggi, tapi ia poenja tjara mengadjar ada begitoe menarik hati dan mengagoemken hingga koetika Ellen Key koendjoengin Ligthart poenja sekola itoe penoelis Zweed jang terkenal berseroe „Mein Traum ist hier verwirk-  licht” („Apa jang akoe impiken terdjadi betoel-betoel di sini”). Blakangan Jan Ligthart dioendang ka Zweden, Noorwegen dan Denemar.sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po 21 April 1928, (Monash University/sinpo.id)
Tiongkok dan Barat.
Minggu, 21 April 2024
Koran Sin Po 30 Maret 1929 (Monahs University/SinPo.id)
Unificatie ka atas atawa ka bawah?
Sabtu, 30 Maret 2024
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024
Koran Sin Po, 3 Maret 1928 (Monash University/SinPo.id)
Sifat nationaal dari sekola.
Minggu, 03 Maret 2024
Koran Sin Po, 19 Februrai 1927 (Monash University/SinPo.id)
Psychology dari Inggris.
Senin, 19 Februari 2024