Golkar: Masih Dibuka Peluang Untuk Memperlebar Koalisi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 15 Maret 2023 | 19:06 WIB
Ahmad Doli Kurnia/Parlementaria
Ahmad Doli Kurnia/Parlementaria

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengamini kemungkinan adanya pelebaran koalisi yang sudah terbentuk.

Komunikasi antara partai politik (parpol) bahkan terus berjalan sekalipun tak berada dalam 'satu barisan'.

"Kita lihat semua pimpinan parpol yang sudah membentuk koalisi itu tidak kemudian menghentikan silaturahmi dan komunikasi dengan parpol lain semua jalan terus. Artinya, masih dibuka peluang untuk memperlebar koalisi, kemudian untuk menyatukan koalisi yang ada," kata Doli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023.

Doli mencontohkan perjalanan parpol di Tanah Air yang melakukan penjajakan dalam setahun terakhir hingga terbentuk beberapa koalisi.

"Sebetulnya begini, hari ini sejak setahun setengah parpol membangun komunikasi sesama parpol yang lain menjajaki kemungkinan terbentuknya koalisi," ujar dia.

Doli kemudian menyinggung perjalanan Golkar memulai inisiatif untuk berkomunikasi dengan PAN dan PPP hingga terbentuk Koalisi Indonesia Hebat (KIB).

Dia juga menyebut NasDem yang melakukan penjajakan dengan Demokrat dan PKS hingga membentuk Koalisi Perubahan.

Meski sudah membuat koalisi, kata dia, para parpol itu tidak menutup komunikasi. Sehingga, peluang memperlebar koalisi masih sangat terbuka.

"Jadi semua membutuhkan waktu," kata dia.
sinpo

Komentar: