Cak Imin: Hingga Kini Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang Paling Pasti

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 16 Maret 2023 | 20:31 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Anam)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Anam)

SinPo.id - Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dengan partai Gerindra sejauh ini yang paling pasti karena telah mengusung Calon Presiden (Capres).

"Hari ini yang paling pasti PKB-Gerindra yang lain ada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), meskipun KIB belum pasti juga siapa yang akan diusung. Kemudian koalisi Anies, perubahan, tentu semua masih cair," kata Cak Imin kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis 16 Maret 2023.

Meski begitu, koalisi PKB-Gerindra masih terbuka untuk menjalin kerjasama dengan semua partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024, termasuk dengan Partai Bulan Bintang (PBB).

"Intinya silaturahmi seperti ini (PKB-PBB) tentu menjadi jalan untuk menjalin kerjasama termasuk sampai hari ini kristalisasi masih terus (ada)," ujarnya.

Cak Imin mengakui belum ada pembahasan mengenai koalisi dalam pertemuan empat mata dengan partai besutan Yusril Ihza Mahendra. Namun, melihat kondisi yang masih belum pasti, dia berharap akan terbangun koalisi partai Islam bersama PBB.

"Tentu moga-moga pada kesimpulannya kita bisa bersama dengan PBB untuk Pilpres 2024 yang akan datang," ucap Cak Imin.

Sementara itu, Yusril menegaskan sejauh ini partai-nya belum menentukan arah koalisi pada Pemilu 2024. Partai PBB masih terus melakukan upaya pertemuan politik dalam menentukan pandangan yang sama di pemilu 2024 mendatang.

"PBB memang betul sampai hari ini belum menentukan koalisinya. Sampai hari ini PPB belum menentukan sikap apa-apa, dan saya kira dikatakan pak Muhaimin baru Gerindra PKB yang sudah solid," kata Yusril.sinpo

Komentar: